PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GRABBIKE DAN GRABCAR

Ega Agustian, 152040148 (2019) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GRABBIKE DAN GRABCAR. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf

Download (518kB)
[img] Text
5 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
6 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (168kB)

Abstract

Grab merupakan sebuah perusahaan jasa layanan transportasi online yang hadir di Indonesia pada tahun 2014. Peneliti menemukan permasalahan pada loyalitas pelanggan yaitu retention, yaitu pelanggan memiliki aplikasi transportasi online selain Grab, dan pelanggan masih tertarik dengan perusahaan pesaing. Hal tersebut disebabkan karena promosi penjualan yang masih belum sesuai dengan harapan, yaitu pada premi dan hadiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perusahaan Grab Indonesia, mengetahui pelaksanaan promosi penjualan dan loyalitas pelanggan GrabBike dan GrabCar, mengetahui pengaruh promosi penjualan dan loyalitas pelanggan GrabBike dan GrabCar, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi promosi penjualan dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data primer mencakup observasi secara non partisipan, wawancara, dan pembagian angket/kuesioner, serta data sekunder yang mencakup buku, dan internet. Untuk analisis data yang digunakan yaitu analisis skor, persamaan regresi linear sederhana, korelasi rank spearman, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan Grab didirikan pada tahun 2012 oleh Anthony Tan di Malaysia dan berkantor pusat di Singapura. Grab memperluas bisnisnya ke negara Asia Tenggara lainnya, salah satunya Indonesia, serta memperbanyak layanan yang disediakan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat permasalahan pada loyalitas pelanggan Grab, yaitu pelanggan memiliki aplikasi transportasi online selain Grab dan pelanggan masih tertarik dengan perusahaan pesaing, hal itu disebabkan karena jumlah point GrabRewards yang didapatkan setelah melakukan perjalanan kecil, pelanggan yang belum pernah menukarkan point GrabRewards, serta pelanggan yang belum terbiasa menggunakan saldo Ovo. Berdasarkan uji koefisien determinasi, promosi penjualan berpengaruh sebesar 52,42% terhadap loyalitas pelangggan, sisanya sebesar 47,58% ditentukan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian, seperti harga dan pelayanan. Faktor internal yang mempengaruhi promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan Grab yaitu jumlah point yang didapatkan pelanggan, serta pelanggan yang belum terbiasa menggunakan Ovo. Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh yaitu perusahaan pesaing yang menawarkan promosi menarik. Saran-saran yang dapat peneliti berikan yaitu lebih banyak mengiklankan Ovo, memperhatikan kembali jumlah point GrabRewards, serta mempertahankan dan meningkatkan promosi penjualan. Kata Kunci: Promosi Penjualan, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Mar 2019 00:57
Last Modified: 15 Mar 2019 00:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41666

Actions (login required)

View Item View Item