PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF REGULATED SISWA SMP

SARIFAH SARI MARYATI, 135050037 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF REGULATED SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I..pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Saat ini pembelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit dan kurang menarik bagi banyak siswa. Kurangnya pemahaman konsep matematika atau rendahnya pemahaman konsep matematika menyebabkan minat belajar siswa juga sangat rendah dalam pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat pada saat proses belajar mengajar siswa tidak terlalu aktif dalam pembelajaran, siswa tidak terlalu memperhatikan penjelasan guru dan cenderung sibuk dengan kegiatannya sendiri-sendiri dan guru tetap menerangkan dan menjelaskan penjelasan materi didepan. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan Self Regulated Learning siwa, salah satunya ialah model pembelajaran Brain Based Learning. Tujuan peneliti ini adalah: 1) mengetahui Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa; 2) mengetahui sikap Self Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran Brain Based Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori; 3) mengetahui terdapat korelasi yang positif antara Berpikir Kritis dengan Self Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran Brain Based Learning dan ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Cimahi. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIB (Brain Based Learning) dan kelas VII-D (ekspositori), Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Berpikir Kritis dan angket skala Self Regulated Learning siswa. Tes yang digunakan adalah tes tipe subjektif (uraian). Cara menganalisis data adalah dengan IBM SPSS Statistik 18.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan Brain Based Learning lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori; 2) Sikap Self Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran Brain Based Learning lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan ekspositori; 3) tidak terjadinya korelasi antara berpikir kritis dengan Self Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran Brain Based Learning dan ekspositori. Kata Kunci : Brain Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Self Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Mar 2019 08:00
Last Modified: 13 Mar 2019 08:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41602

Actions (login required)

View Item View Item