ANALISIS KEAMANAN DATA PEGAWAI MENGGUNAKAN PENDEKATAN ISO/IEC 27001: 2013 (Studi Kasus :PT.Indonesia Power UPJP Kamojang)

Valentina Gobasi, 13.304.0168 (2019) ANALISIS KEAMANAN DATA PEGAWAI MENGGUNAKAN PENDEKATAN ISO/IEC 27001: 2013 (Studi Kasus :PT.Indonesia Power UPJP Kamojang). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Valentinagobasi_133040168_teknikinformatika.pdf

Download (578kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Keamanan informasi telah menjadi hal yang sangat penting dalam dunia bisnis yang menggunakan teknologi informasi (TI), perannya dalam melakukan kegiatan operasional sehari-hari dapat dikatakan tidak terganti, karena hampir seluruh kegiatan yang dilakukan melibatkan penggunaan teknologi informasi. Namun tidak selamanya dalam penggunaan teknologi informasi sesuai dengan harapan,misalnya keamanan informasi mengalami masalah terkait kerahasiaannya (confidentiality), keutuhannya (integrity), dan ketersediaannya (availability) dalam penggunaanya muncul berbagai risiko yang dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi perusahaan hingga merugi, risiko-risiko yang timbul ini harus ditangani agar masalah yang ditimbulkan tidak menyebabkan kerugian pada perusahaan sehingga dapat menjamin kelanjutan bisnis, serta memberikan keuntungan bagi organisasi (Riyanarto dan Irsyat, 2009). Penelitian ini dilakukan untuk dapat membantu mengurangi masalah keamanan informasi di PT. Indonesia Power UPJP Kamojang, sehingga dapat meminimalisir terjadinya ancaman atau risiko yang dapat membahayakan atau merugikan PT. Indonesia Power UPJP Kamojang. Penelitian dilakukan dengan melalukan studi literatur serta memahami konsep-konsep keamanan informasi. Selanjutnya dilakukan analisis risiko yaitu untuk mengetahui seberapa besar risiko yang akan diterima oleh organisasi dan merekomendasikan keamanan data pegawai PT. Indonesia Power UPJP Kamojang yang di dalamnya memaparkan tentang mekanisme penanganan keamanan terhadap setiap ancaman yang akan mengakibatkan risiko di kemudian hari. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah rekomendasi untuk identifikasi risiko keamanan data pegawai PT. Indonesia Power UPJP Kamojang berdasarkan standar ISO/IEC 27001:2013. Kata Kunci : Keamanan Informasi, Risiko, Teknologi Informasi, ISO/IEC 27001:2013

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Mar 2019 09:37
Last Modified: 12 Mar 2019 09:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41542

Actions (login required)

View Item View Item