PERENCANAAN PRODUKSI PADA PRODUKSI TAHU SUSU LEMBANG SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMENUHI TINGKAT PENJUALAN YANG BERFLUKTUASI DI RUMAH PRODUKSI TAHU SUSU LEMBANG

RIDWAN MAULANA EFFENDI, 113010006 and EDDY JUSUF SP, DS (2019) PERENCANAAN PRODUKSI PADA PRODUKSI TAHU SUSU LEMBANG SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMENUHI TINGKAT PENJUALAN YANG BERFLUKTUASI DI RUMAH PRODUKSI TAHU SUSU LEMBANG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ridwan Maulana 113010006 T Industri..pdf

Download (531kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tingkat penjualan rumah produksi tahu susu lembang masih berfluktuasi dan perusahaan masih mengalami kesulitan dalam menentukan jumlah produksi dan tenaga kerja yang tepat, maka dari itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui jumlah tenaga kerja produksi tahu susu Lembang yang tepat, serta untuk mengetahui jadwal induk produksi tahu susu Lembang untuk 3 periode ke depan dalam setiap harinya. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas menggunakan beberapa metode, yaitu yang pertama untuk mempermudah dalam perhitungan digunakan metode agregasi, kemudian menggunakan metode peramalan dengan 3 metode perbandingan yaitu, single moving average, single eksponensial smoothing, dan linier regresi. Setelah dibandingkan metode yang terpilih adalah metode single eksponensial smoothing, kemudian selanjutnya menggunakan metode rencana produksi agregat untuk mengetahui jumlah tenaga kerja yang tepat. Untuk mengetahui rencana produksi 3 periode ke depan, data perhitungan yang telah diolah kemudian di disagregasi untuk memisahkan data menjadi 2 item yang berbeda, setelah itu dilakukan metode master production schedule untuk mengetahui jadwal induk produksi untuk 3 periode ke depan. Setelah dilakukan perhitungan sistem produksi di dapat hasil perhitungan guna sebagai pertimbangan rumah produksi tahu susu lembang dalam membantu menentukan jumlah tenaga kerja produksi tahu susu Lembang yang tepat, serta membantu dalam menentukan jadwal induk produksi tahu susu Lembang untuk 3 periode ke depan dalam setiap harinya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Mar 2019 05:42
Last Modified: 12 Mar 2019 05:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41522

Actions (login required)

View Item View Item