PENGUJIAN PERFORMANSI RADIATOR SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 110CC

Wirawan Putra Hutama, 133030017 and Hery Sonawan, DS and Herman Somantri, DS (2019) PENGUJIAN PERFORMANSI RADIATOR SEPEDA MOTOR HONDA VARIO 110CC. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Wirawan Putra Hutama_133030017_teknik mesin.pdf

Download (573kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Radiator adalah alat yang berfungsi sebagai alat untuk mendinginkan air yang telah menyerap panas dari engine dengan cara membuang panas air tersebut melalui sirip-sirip pendinginnya. Hal ini bertujuan agar mesin mendapatkan pendinginan yang maksimal sesuai yang dibutuhkan engine. Untuk diketahui, saat engine bekerja efek panas yang tinggi terjadi dan sangat berpengaruh terhadap komponen lainnya. Jika temperaturnya terlalu tinggi, mesin akan mengalami overheating, karena itu seharusnya ada zat seperti coolant yang mempertahankan titik didih air agar radiator tetap bekerja optimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui laju pembuangan panas dan efektifitas pada radiator dengan beberapa komposisi perubahan pada kecepetan putaran engine dan kecepatan angin pendinginan. Dalam penelitian ini, dilakukan pengujian perbandingan laju pembuangan panas antara komposisi putaran 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm, dan juga perubahan kecepatan angin sebesar 4,7 km/h, 10 km/h, 11,3 km/h dan 13,3 km/h. Pada proses pengujian performansi radiator ini,dalam pengujiannya membutuhkan bantuan sistem pengukuran akuisisi arduino uno. Pengambilan data dilakukan dengan mengambil data setiap 5 menit dalam sekali pengujian. Dari penelitian tersebut diambil data antara lain temperatur masuk dan keluar radiator dan kecepatan laju aliran (V) yang kemudian dilakukan pengolahan data untuk menentukan laju aliran massa (ρ ), panas spesifik fluida (Cp), panas yang di lepas (Q), dan pengolahan data secara grafik. Hasil penelitian dari beberapa variabel didapatkan bahwa, pada pengujian 1500 rpm dengan kecepatan angin 13,3 km/h memiliki hasil pembuangan panas terbaik, sedangkan pada pengujian 1500 rpm dengan kecepetan angin 11,4 rpm memiliki hasil efektivitas terbaik dari yang lain. Hasil efektivitas yang dihitung sudah dibandingkan dengan data hasil efektivitas yang didapatkan dari jurnal yang dijadikan sebagai data pembanding

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:53
Last Modified: 12 Mar 2019 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41514

Actions (login required)

View Item View Item