PERANAN ORANG TUA DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG DI KALANGAN SISWA DI SMP PASUNDAN 2 KOTA BANDUNG ( Study deskriptif dilaksanakan di SMP Pasundan 2 Kota Bandung )

CATRIN RIZKYANI, 135010070 (2019) PERANAN ORANG TUA DALAM MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG DI KALANGAN SISWA DI SMP PASUNDAN 2 KOTA BANDUNG ( Study deskriptif dilaksanakan di SMP Pasundan 2 Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan skripsi CATRIN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka skripsi.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peranan Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Di Kalangan Siswa Di SMP Pasundan 2 Kota Bandung (Study Deskriftip dilaksanakan di SMP Pasundan 2 Kota Bandung)”. Tujuan diadakannya penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan orang tua terhadap perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa di SMP Pasundan 2 Kota Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini dilaksanakan di SMP Pasundan 2 Kota Bandung. Intrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Seperti yang telah dipaparkan peranan orang tua sebagai pendidik yang pertama bagi anak- anaknya nampak semakin terabaikan dimasyarakat kita. Dengan alasan berbagai kesibukan orang tua baik karena desakan kebutuhan ekonomi, profesi atau pun hobi anaknya. Kondisi demikianlah yang apabila tidak disadari lama – kelaman akan menjadi penghalang terhadap kedekatan hubungan antara orang tua dengan anak-anaknya, yang berarti terganggulah hubunga n saling pengaruhi antara keduanya. Peran orang tua sangat berpengaruh dalam perkembangan sikap mental dan perilaku anak dan anak itu sendiri sangat memerlukan perhatian yang lebih dari orang tua. Orang tua dalam mengasuh, membesarkan dan mendidik anak dituntut untuk memberikan yang terbaik, hal ini merupakan suatu tugas mulia yang tentu tidak lepas dari berbagai halangan dan rintangan. Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang telah diperoleh selama masa penelitian di SMP Pasundan 2 Kota Bandung, penulis mencoba menyimpulkan bahwa orang tua memegang peranan yang penting dan amat berpengaruh atas pendidikan anak-anak. Setiap orang tua ingin membina anak agar menjadi anak yang baik mempunyai kepribadian yang kuat dan sikap mental yang sehat serta akhlak yang terpuji. Orang tua adalah pembina pribadi yang pertama dalam hidup anak. Setiap pengalaman yang dilalui anak, baik melalui penglihatan, pendengaran maupun perlakuan yang diterimanya akan ikut menentukan pembinaan pribadinya. Kepribadian orang tua, sikap dan cara hidup mereka merupakan unsur-unsur pendidikan yang tidak langsung, yang dengan sendirinya akan masuk ke dalam pribadi anak yang sedang tumbuh. Di sini tugas orang tua untuk menjadi pembimbing anaknya, supaya perkembangan anak yang dialami pada permulaan hidup dapat berlangsung sebaik-baiknya, tanpa gangguan yang berarti. Kata kunci: Orang Tua, Perilaku Menyimpang, Anak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:21
Last Modified: 12 Mar 2019 03:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41506

Actions (login required)

View Item View Item