ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI KAOS KAKI (STUDI KASUS DI CV. TEGUH ABADI)

TEDI RESTIADI, 133010001 (2019) ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI KAOS KAKI (STUDI KASUS DI CV. TEGUH ABADI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
TEDI RESTIADI (133010001).pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

CV. Teguh Abadi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produk tekstil, berupa kaos kaki. Kaos kaki merupakan salah satu produk yang biasa digunakan untuk menutupi bagian kaki. Kesehatan dan keselamatan pekerja merupakan hal yang seharusnya diperhatikan oleh perusahan, karena pada dasarnya pekerja merupakan bagian penting untuk mencapai target perusahaan itu sendiri. Baik buruknya kinerja pekerja akan sangat berpengaruh terhadap performansi kerja yang dihasilkan. Adapun hal yang harus dilakukan ialah dengan memperhatikan posisi kerja saat sedang melakukan aktivitas. Tinggi rendahnya permintaan kaos kaki juga menuntut pekerja harus selalu siap untuk mengerjakan pesanan agar permintaan dapat dipenuhi tepat pada waktunya. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk melakukan analisis postur kerja dengan menggunakan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA). RULA merupakan metode analisis untuk mengevaluasi postur kerja seorang pekerja terhadap sistem kerja yang dioperasikan dan untuk menginvestigasi gangguan pada anggota tubuh bagian atas. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa skor akhir postur kerja yaitu 5 untuk operator ke-1, sedangkan untuk operator ke-2 yaitu 7, sedangkan untuk operator 3 yaitu 7, dan operator terakir yaitu 7 Kata Kunci:Rapid Upper Limb Assessment (RULA), Ergonomi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:33
Last Modified: 12 Mar 2019 01:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41486

Actions (login required)

View Item View Item