PENERAPAN PERAWATAN MESIN LASER CUTTING DENGAN METODERELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)(STUDI KASUS:DIVISI PRODUKSI PT. SMART TEKNIK UTAMA BANDUNG)

YUDI SURYATNO, 133010203 (2019) PENERAPAN PERAWATAN MESIN LASER CUTTING DENGAN METODERELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)(STUDI KASUS:DIVISI PRODUKSI PT. SMART TEKNIK UTAMA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
yudisuryatno_133010203_teknik industri.pdf

Download (296kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Smart Teknik Utama merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Dalamsebuah perusahaan manufaktur dibutuhkan suatu proses produksi dan proses produksi tersebut tidak dapat dipisahkan dari mesin-mesin yang digunakan untuk mengolah bahan baku menjadi suatu produk guna memenuhi kebutuhan konsumen.Untuk menjaga mesin-mesin produksi agar mempunyai umur pakai yang lebih lama tentunya diperlukan sistem perawatan yang tepat khususnya untuk mesin yang memiliki harga beli yang cukup tinggi. Selama ini perusahaan menerapkan sistem perawatan dengan interval waktu setiap tiga bulan sekali. Namun kegiatan perawatan yang telah dilakukan belum mampu mengatasi kerusakan pada komponen-komponen mesin sehingga kegiatan produksi dapat terhenti. Salah satu cara untuk memperbaiki sistem perawatan adalah dengan menggunakan metode Reliability Centered Mintenance (RCM), timbul pertanyaan bagaimana menerapkan RCM untuk menjaga reliability mesin.Menjaga reliability mesin dengan RCM terdiri dari beberapa langkah yaitu, menentukan fungsi dan performansi standar, menentukan functional failure, failure modes and effect, identifikasi strategi perawatan dengan decision diagram, penerapan serta evaluasi kegiatan perawatan. Untuk menentukan functional failure, failure modes and effect berdasarkan perhitungan rating dengan pendekatan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Pada pengolahan data diperoleh fungsi dan performansi standar mesin laser cutting untuk memotong material pelat menjadi sebuah produk jadi sesuai dengan pesanan konsumen, mesin laser cutting mampu menghasilkan produk lock plate sebanyak 166 pcs setiap hari. FMEA menunjukkan bahwa dari sekian kegagalan yang terjadi, terdapat tiga kegagalan berdasarkan perhitungan rating yaitu, lampu neon tidak berfungsi, lensa tidak berfungsi dan laser tidak keluar yang memerlukan penanganan yang lebih baik. Melakukan identifikasi strategi perawatan dengan menggunakan decision diagram sesuai dengan kondisi perusahaan. Melakukan penerapan strategi perawatan yang dipilih perusahaan dan melakukan evaluasi dengan pendekatan Overall Equipment Efectiveness (OEE).Kata Kunci: Reliability Centered Mintenance, Failure Mode and Effect Analysis, Overall Equipment Efectiveness

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:00
Last Modified: 11 Mar 2019 08:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41455

Actions (login required)

View Item View Item