PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA DAN HUBUNGAN POLITIK TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DENGAN AGRESIVITAS PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Muhammad Farid Firdaus, 144020106 and Prof. Dr.Hj. Ria Ratna Ariawati, SE.,MSi AK, Pembimbing I and Dadan Soekardan, SE.,MSi,AK,CA, Pembimbing II (2019) PENGARUH KEPEMILIKAN KELUARGA DAN HUBUNGAN POLITIK TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA DENGAN AGRESIVITAS PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan FEB-UNPAS BANDUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepemilikan keluarga dan hubungan politik terhadap manajemen laba dengan agresivitas pajak sebagai variabel pemoderasi. Sampel yang digunakan adalah 11 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode2012-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui data sekunder dengan analisis data. Analisis statisitk yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Pengujian hipotesis dilakukan baik secara parsial dengan uji t Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemilikan keluarga berpengaruh signifikan terhadap praktik manajemen laba 2016 dengan kontribusi sebesar 8,4%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 91,6% merupakan pengaruh faktor lain di luar variabel kepemilikan keluarga . Sementara Hubungan politik tidak berpengaruh signifikan terhadap praktik manajemen laba dengan kontribusi sebesar 2,8%, sedangkan sisanya sebesar 97,2% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Selanjutnya Agresivitas pajak memoderasi pengaruh kepemilikan keluarga terhadap praktik manajemen laba dengan memberikan kontribusi sebesar 35,4%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 64,6% merupakan pengaruh faktor lain di luar variabel kepemilikan keluarga dan agresivitas pajak. Sementara Agresivitas pajak tidak memoderasi pengaruh hubungan politik terhadap manajemen laba dengan memberikan kontribusi sebesar 0,7%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 99,3% merupakan pengaruh faktor lain di luar variabel hubungan politik dan agresivitas pajak. Kata Kunci: Kepemilikan Keluarga, Hubungan Politik, Agresivitas Pajak, Manajemen Laba

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Dokumen Unpas > 2014
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 11 Mar 2019 07:10
Last Modified: 11 Mar 2019 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41435

Actions (login required)

View Item View Item