PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP EKOSISTEM

Heli Halimah, 125040005 (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP.

[img]
Preview
Text
cover - Copy.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa pada konsep ekosistem menggunakan media gambar dengan media video. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the non ekuivalen grup pretest dan posttes. Instrument penelitian berupa soal tes awal dan tes akhir dengan soal tes objektif sebanyak 20 soal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen 1 yang mengunakan media gambar dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan media video. Dari hasil penelitian pada proses pembelajaran yang menggunakan media video didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 57,1 dan rata-rata posttest sebesar 80,05 dengan pencapaian rata-rata N-Gain sebesar 0,53 kriteria sedang. Sedangkan, hasil penelitian pada proses pembelajaran yang menggunakan media gambar didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 57,3 da rata-rata posttest sebesar 72,35 dengan pencapaian rata-rata N-Gain sebesar 0,36 kriteria sedang. Setelah dilakukan pretest dan posttest dilanjutkan dengan uji t dan diperoleh hasil signifikan, karena thitung > ttabel pada taraf kepercayaan 5% atau α = 0,05, yakni 3,69 > 1,99. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada konsep ekosistem menggunakan media gambar dan media video. Kata Kunci : Media Gambar, Media Video, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:04
Last Modified: 11 Mar 2019 02:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41390

Actions (login required)

View Item View Item