EKA NURWAHYULININGSIH, 152020053 (2019) KONDISI PSIKOSOSIAL PADA ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI LPKA KELAS II KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
COVER PSIKOSOSIAL.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN YANG SUDAH DI TTD.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NEW.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Kondisi Psikososial Pada Anak Berhadapan dengan Hukum di LPKA Kelas II Kota Bandung. Kondisi psikososial adalah pengalaman dan tingkah laku manusia seperti yang dipengaruhi atau ditimbulkan oleh situasisituasi sosial. Situasi sosial yang tidak baik dapat menjadi faktor yang menyebabkan seseorang melanggar aturan norma atau hukum, seperti anak berhadapan dengan hukum. Anak berhadapan dengan hukum atau yang berkonflik dengan hukum merupakan bagian dari masyarakat yang tidak berdaya baik secara fisik, mental dan sosial sehingga dalam penanganannya perlu perhatian khusus. Pemerintah dapat memberikan pelayanan sosial untuk menangani kasus anak berhadapan dengan hukum. Pelayanan sosial adalah suatu aktivitas kelembagaan dimana didalamnya terdapat program-program yang disediakan untuk memberikan akses pelayanan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat yang mengalami masalah sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kondisi psikososial pada anak berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas II Kota Bandung, untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi psikososial anak berhadapan dengan hukum, untuk mendeskripsikan pelayanan sosial yang diberikan kepada anak berhadapan dengan hukum, dan untuk mendeskripsikan implikasi praktik pekerja sosial terhadap anak berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas II Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik: 1) Studi dokumentasi, 2) Studi lapangan, yang mana studi lapangan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi nonpartisipan. Jumlah informan dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang informan utama yaitu anak berhadapan dengan hukum dan satu orang informan profesi yaitu staf pembinaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi psikososial pada anak berhadapan dengan hukum itu tidak sama. Kondisi psikososial anak berhadapan dengan hukum dapat dipengaruhi oleh pengalaman dan tingkah laku dari lingkungan sosialnya, serta anak berhadapan dengan hukum memiliki konsep diri negatif terhadap dirinya. Pada kondisi psikologis menunjukkan bahwa terdapat perubahan dalam kondisi emosi anak berhadapan dengan hukum sebelum dan sesudah masuk ke lembaga pembinaan. Serta anak berhadapan dengan hukum memiliki interaksi dan relasi sosial yang baik dengan lingkungannya. Rekomendasi ditujukan kepada pemerintah, pihak lembaga pembinaan khusus anak, pihak masyarakat dan keluarga. Kata Kunci: Kondisi Psikososial, Anak Berhadapan dengan Hukum, Pelayanan Sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2018 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 01:16 |
Last Modified: | 11 Mar 2019 01:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41387 |
Actions (login required)
View Item |