PENGARUH GOOD GOVERNMENT GOVERNANCE, SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANDUNG BARAT (Survey pada Dinas-Dinas Di wilayah Kabupaten Bandung Barat)

Neneng Susan, 154020236 and Pembimbing I, Ruslina Lisda, S.E., MSi., Ak., CA (2019) PENGARUH GOOD GOVERNMENT GOVERNANCE, SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANDUNG BARAT (Survey pada Dinas-Dinas Di wilayah Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
SIDANG AKHIR COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pada era globalisasi ini perkembangan organisasi sektor publik yang semakin pesat menuntut pemerintah agar melakukan kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, baik dari segi internal yaitu peningkatan kinerja yang optimal dan segi ekternal yaitu adanya tuntutan masyarakat yang menghendaki, agar pemerintah daerah mampu menciptakan tujuan masyarakat daerah yang sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis seberapa besar pengaruh good government governance, pengendalian intern pemerintah, budaya organisasi, dan komitmen organisasi terhadap kinerja instansi pemerintah daerah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 dinas-dinas di kab. Bandung Barat dengan responden team anggaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui data primer dengan menyebarkan kuesioner. Teknik sampling menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan menggunakan metode Simpel jenuh. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reabilitas, analisis korelasi berganda, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh good government governance terhadap kinerja instansi pemerintah daerah secara parsial sebesar 16,9% , pengaruh sistem pengendalian intern pemerintah daerah secara parsial sebesar 15,9%, pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja instansi pemerintah daerah secara parsial sebesar 15,5%, dan komitmen organisasi terhadap kinerja instansi pemerintah daerah secara parsial sebesar 20,8%. Secara simultan good government governance, sistem pengendalian intern pemerintah, budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja instansi pemerintah daerah Kab. Bandung Barat sebesar 69,1% terhadap kinerja instansi pemerintah daerah, sedangkan sisanya yaitu sebesar 30,9% merupakan pengaruh faktor lain di luar good government governance, sistem pengendalian intern pemerintah, budaya organisasi dan komitmen organisasi seperti kepuasan kerja, kompetensi SDM, pemanfaatan teknologi informasi, penerapan SAKD, kapasitas SDM dan implementasi SIMDA Desa. Kata Kunci: Good Government Governance, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Budaya Organnisasi, Komitmmen Organisasi Kinerja Instansi pemerintah Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2015
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 09 Mar 2019 11:11
Last Modified: 09 Mar 2019 11:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41384

Actions (login required)

View Item View Item