PENGEMBANGAN DESAIN SERIOUS GAME UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH PAHLAWAN INDONESIA BERDASARKAN INSPIRASI DARI GAME UP DISNEY PIXAR

Aditya Fajar, 14.304.0119 (2019) PENGEMBANGAN DESAIN SERIOUS GAME UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH PAHLAWAN INDONESIA BERDASARKAN INSPIRASI DARI GAME UP DISNEY PIXAR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Aditya Fajar_143040119_Teknik Informatika.pdf

Download (840kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tidak bisa kita pungkiri semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat siapa saja dapat dengan mudah untuk mengakses informasi, dan dari sejak dulu manusia sudah memiliki tujuan serta sudah berpikir bagaimana dapat hidup dengan nyaman. Maka dari hasil keinginan tersebut manusia menciptakan teknologi yang membantu mempermudah pekerjaanya. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi ini adalah game, dan seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan game saat ini tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana media hiburan saja akan tetapi game memiliki fungsi yang luas, misalnya adalah sebagai sarana pendidikan, salah satunya adalah dapat digunakan untuk mengenalkan sejarah pahlawan Indonesia dengan menggunakan game kepada pelajar. Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengembangkan desain serious game untuk tujuan mengenalkan sejarah pahlawan indonesia kepada pelajar. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis ide serious game pada penelitian sebelumnya untuk menentukan kekurangankekurangan. Selanjutnya dilakukan pegembangan kembali berdasarkan konsep dan desain game yang baru. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah konsep serious game yang berfungsi memperkenalkan generasi muda tentang sejarah Indonesia melalui kegiatan yang mereka senangi sebagai alternatif lain yang interaktif dan menyenangkan dalam mempelajari sejarah Indonesia, dan meningkatkan rasa kebanggaan akan Indonesia. Kata kunci : Game, Sejarah Pahlawan Indonesia, Serious Game, Media.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Mar 2019 07:47
Last Modified: 09 Mar 2019 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41370

Actions (login required)

View Item View Item