KAJIAN KONSENTRASI KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii) DAN DEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK SERBUK INSTAN KOPI ROBUSTA (Coffea cannephora)

Nadia Sartika Pertiwi, 113020103 and Sumartini, DS and Hasnelly, DS (2019) KAJIAN KONSENTRASI KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii) DAN DEKSTRIN TERHADAP KARAKTERISTIK SERBUK INSTAN KOPI ROBUSTA (Coffea cannephora). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nadia Sartika Pertiwi_113020103_TP.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menentukan korelasi antara konsentrasi kayu manis dan konsentrasi dekstrin dengan karakteristik kopi kayu manis instan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi kayu manis (Cinnamomum burmannii) dan dekstrin terhadap karakteristik kimia, fisik dan organoleptik kopi kayu manis instan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk mengetahui konsentrasi Tween- 80 sebagai pembuih terbaik yang digunakan dalam penelitian utama. Adapun untuk penelitian utama adalah mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi kayu manis dan konsentrasi dekstrin terhadap karakteristik kimia, fisik dan organoleptik kopi kayu manis instan.. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Rancang Acak Kelompok (RAK) dua faktor dengan 3 kali ulangan. Penelitian terdiri dari dua faktor diantaranya faktor konsentrasi kayu manis yang terdiri dari tiga taraf, yaitu m1 (5%), m1 (10%), dan m3 (15%) dan faktor konsentrasi dekstrin yang terdiri dari tiga taraf yaitu d1 (10%), d2 (15%) dan d3 (20%). Respon pada penelitian ini meliputi respon organoleptik terhadap aroma, rasa dan warna seduhan kopi kayu manis instan, respon fisika terhadap daya larut serbuk kopi kayu manis instan dan kadar air terhadap serbuk kopi kayu manis instan, serta respon terpilih yaitu kadar kafein dan aktivitas antioksidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi kayu manis dan konsentrasi dekstrin berpengaruh terhadap kadar air, waktu larut, dan respon organoleptik terhadap rasa dan warna dan tidak berpengaruh pada karakteristik organoleptik aroma seduhan kopi kayu manis instan. Produk yang dipilih yaitu sampel m2d3 dengan konsentrasi kayu manis 10% dan konsentrasi dekstrin 20% dengan kandungan kafein 2,49% dan IC50 sebesar 229,26 ppm. Kata kunci : kopi, kayu manis, dekstrin, instan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 09 Mar 2019 05:12
Last Modified: 09 Mar 2019 05:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41354

Actions (login required)

View Item View Item