PERBANDINGAN AIR DENGAN BLACK MULBERRY (Morus nigra L.) DAN SORBITOL TERHADAP KARAKTERISTIK SIRUP SQUASH BLACK MULBERRY (Morus nigra L.)

Jepri Apriandi, 123020363 and Thomas Ghozali, ds and Yusep Ikrawan, DS (2019) PERBANDINGAN AIR DENGAN BLACK MULBERRY (Morus nigra L.) DAN SORBITOL TERHADAP KARAKTERISTIK SIRUP SQUASH BLACK MULBERRY (Morus nigra L.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Jepri Apriandi_123020363_Teknologi Pangan.pdf

Download (465kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh perbandingan antara air dengan black mulberry (Morus nigra L.) terhadap karakteristik sirup squash black mulberry (Morus nigra L.) Metode penelitian ini dilakukan melalui dua tahapan, yaitu penelitian pendahuluan dan juga penelitian utama. Penelitian pendahuluan merupakan buah Black Mulberry dilakukan analisis bahan baku berupa kadar air dengan metode Destilasi dan analisis kadar Vitamin C dengan metode Iodimetri. Tahap penelitian utama ini merupakan kelanjutan dari penelitian pendahuluan untuk menentukan konsentrasi sorbitol yang paling tepat. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan diperoleh formulasi terpilih untuk pembuatan Sirup Black Mulberry. air dan Black Mulberry dengan perbandingan 1 : 3. Perbandingan air dan Black Mulberry berpengaruh nyata pada respon rasa, warna, kadar gula total, kadar vitamin C, dan viskositas sirup black mulberry. Tetapi tidak berpengaruh nyata pada respon aroma.Konsentrasi Sorbitol tidak berpengaruh nyata pada respon aroma, viskositas dan total padatan terlarut. Sehingga tidak berpengaruh terhadap karakteristik sirup squash black mulberry.Pengaruh interaksi antara perbandingan air dengan Black Mulberry dan sorbitol serta penambahan soda berpengaruh nyata pada warna, rasa, tekastur (Mouthfeel), dan kadar gula total. Sehingga berpengaruh terhadap karakteristik sirup black mulberry.Produk terpilih yaitu a2 dengan perbandingan air dengan black mulberry (1:2) konsentrasi sorbitol (14%) dengan nilai rata-rata organoleptik warna 2,369, rasa 2,235, Aroma 2,264, Tekastur (Mouthfeel) 2,227, Viskositas 1,600, kadar gula total 5,573, Total padatan terlarut 23,149, kadar vitamin C /100 ml bahan, dan Antioksidan 335,19 μg/ml. Kata Kunci : Black mulberry, squash, sorbitol.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 09 Mar 2019 03:34
Last Modified: 09 Mar 2019 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41323

Actions (login required)

View Item View Item