MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF SERTA MENURUNKAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL TREFFINGER

Roslia Fatonah, NPM. 168060027 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF SERTA MENURUNKAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL TREFFINGER. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Roslia Fatonah_MPM - Copy.docx

Download (93kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis, mendeskripsikan peningkatkan kemampuan komunikasi dan berfikir kreatif matematika serta penurunan kecemasan matematis siswa dilihat secara keseluruhan dan berdasarkan kemampuan awal matematis (tinggi, sedang dan rendah) serta untuk melihat korelasi antara kemampuan komunikasi, berfikir kreatif dan kecemasan matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran tipe embedded dengan sampel siswa X IPA SMA Negeri 1 Telukjambe. Kesimpulan yang diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Treffinger lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, baik dilihat secara keseluruhan dan berdasarkan KAM tinggi dan sedang. Namun peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang belajar dengan model pembelajaran Treffinger sama dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kategori KAM rendah. (2) Peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis yang belajar dengan model pembelajaran Treffinger lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional baik dilihat secara keseluruhan dan berdasarkan KAM (tinggi, sedang, rendah). (3) Kecemasan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Treffinger lebih rendah daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari KAM sedang, namun kecemasan matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Treffinger sama dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan, KAM tinggi dan KAM rendah. (4) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa kelas Treffinger. Tidak terdapat korelasi kecemasan matematis siswa terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa kelas Treffinger. Tidak terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi, kemampuan berfikir kreatif dan kecemasan matematis siswa kelas konvensional. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kecemasan Belajar Matematika, Model Treffinger

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Mar 2019 07:44
Last Modified: 08 Mar 2019 07:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41247

Actions (login required)

View Item View Item