PENGARUH KONSENTRASI STARTER Lactobacillus plantarum TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS FERMENTASI IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis)

Rofida Ramadhania, 143020166 and Nana Sutisna Achyadi, Dosen and Hervelly, DS (2019) PENGARUH KONSENTRASI STARTER Lactobacillus plantarum TERHADAP KARAKTERISTIK SOSIS FERMENTASI IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rofida Ramadhania_143020166_Teknologi Pangan.pdf

Download (515kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi starter Lactobacillus plantarum terbaik dalam pembuatan sosis ikan fermentasi, dan untuk mengetahui karakteristik sosis fermentasi ikan tongkol yang dihasilkan. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan informasi salah satu produk olahan pangan dari ikan, manfaat penggunaan bakteri asam laktat dalam produk pangan, serta untuk menambah penganekaragaman produk olahan pangan sosis dengan bahan baku ikan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) satu faktor dengan tiga kali ulangan. Penelitian terdiri dari satu faktor, yaitu faktor konsentrasi starter Lactobacillus plantarum (A) yang terdiri dari lima taraf, yaitu: a1 (0,5%), a2 (0,75%), a3 (1%), a4 (1,25%), a5 (1,5%), a6 (1,75%), dan a7 (2%). Respon dalam penelitian ini meliputi respon kimia yaitu kadar air, kadar total asam, dan kadar protein, serta respon organoleptik terhadap warna, aroma, tekstur, dan rasa sosis fermentasi ikan tongkol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi starter Lactobacillus plantarum yang berbeda-beda berpengaruh terhadap karakteristik sosis fermentasi ikan tongkol meliputi respon kimia yaitu kadar air, kadar total asam, dan kadar protein, serta respon organoleptik yaitu aroma, rasa, dan tekstur. Kata kunci: ikan tongkol, Lactobacillus plantarum, sosis fermentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:52
Last Modified: 08 Mar 2019 01:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41203

Actions (login required)

View Item View Item