KAJIAN KEPUASAN KERJA BERDASARKAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI YANG BERIMPLIKASI PADA KINERJA (STUDI PADA DOSEN TETAP DI FAKULTAS ILMU TERAPAN UNIVERSITAS TELKOM)

Aris Hermansyah Suryadi, NPM : 188020112 and Promotor I, Dr. H. Yusuf Arifin, S.Si.,MM (2019) KAJIAN KEPUASAN KERJA BERDASARKAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI YANG BERIMPLIKASI PADA KINERJA (STUDI PADA DOSEN TETAP DI FAKULTAS ILMU TERAPAN UNIVERSITAS TELKOM). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Jurnal - Aris H. Suryadi (118020112) MM.docx

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakpuasan kerja dan belum optimalnya kinerja sebagian dosen tetap Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. Selain itu, pemimpin di lingkungan Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom dinilai belum sepenuhnya menerapkan nilai-nilai kepemimpinan transformasional serta nilai-nilai budaya organisasi dinilai belum sepenuhnya diterapkan di Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mengenai pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja serta dampaknya terhadap kinerja dosen tetap di Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada sampel sebanyak 62 orang dosen tetap dari program studi D3 Manajemen Informatika, D3 Komputerisasi Akuntansi, dan D3 Teknik Komputer, dimana penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SPSS dan dianalisis dengan menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja yaitu sebesar 19,8%, pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja yaitu sebesar 34,4%, pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi secara simultan terhadap kepuasan kerja yaitu sebesar 54,2%, serta pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja yaitu sebesar 41,8%. Kata kunci: kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, kepuasan kerja, kinerja

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 05 Mar 2019 06:13
Last Modified: 06 Feb 2020 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41127

Actions (login required)

View Item View Item