Yuyun Nurhayani, 145060257 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN SUBTEMA PEKERJAAN DI SEKITARKU (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Cipageran Mandiri I Kota Cimahi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
caver skripsi.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Sekrifsi Bu Devi.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
bab II.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Skripsi FIX.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV lancar amin.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V lancar amin.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA sidang.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model Problem based learning pada subtema pekerjaan di sekitarku. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV A SDN Cipageran Mandiri 1 Kota Cimahi. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik yang memiliki nilai hasil belajar kurang dari KKM. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis and Tanggar. Penelitian ini dil aksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan Model Sintak Problem Based Learning. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan pendidik dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjuk kan adanya peningkatan persentase hasil belajar peserta didik. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil sebesar 73%, siklus II sebesar 83%, dan siklus III sebesar 93%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil sebesar 69%, siklus II sebesar 76%, dan siklus III sebesar 90%. Aktifitas pendidik dalam pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil sebesar 65%, siklus II sebesar 74%, dan siklus III sebesar 84%. Aktifitas peserta didik berupa sikap tanggung pada siklus I sebesar 75%, siklus II sebesar 85%, dan pada siklus III sebesar 92%. Hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 65%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 90%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Subtema Pekerjaan di Sekitarku. Kata kunci: problem based learning, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 04:27 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 04:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41120 |
Actions (login required)
View Item |