PERANCANGAN DASHBOARD MONITORING KUALITAS UDARA (Studi Kasus : Pusat Sains Teknologi Nuklir Terapan Badan Tenaga Nuklir Nasional)

Muhammad Iqbal Miftahuddin, 143040093 and Sali Alas Majapahit, DS and Fajar Darmawan, DS (2019) PERANCANGAN DASHBOARD MONITORING KUALITAS UDARA (Studi Kasus : Pusat Sains Teknologi Nuklir Terapan Badan Tenaga Nuklir Nasional). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad Iqbal M_143040093_Informatika.pdf

Download (722kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Badan Sistem Nuklir Nasional merupakan salah satu dinas yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan urusan pemerintah daerah bidang pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan asa otonomi, dekonsentrasi dan tugas pembantuan dalam menyelenggarakan tugas pokonya, Badan Sistem Nuklir Nasional mempunyai fungsi perumusan dan penetapan kebijakan teknis bidang pengelolaan lingkungan hidup daerah dan pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah bidang kepegawaian daerah meliputi kesekretariatan, tata kelola lingkungan, pengendalian pencemaran lingkungan, konservasi SDA dan mitigasi bencana serta penatan hokum, kemitraan dan pengembangan kapasitas lingkungan. Sehubung dengan pengendalian pencemaran lingkungan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup masih mengalami beberapa kendala diantaranya pengelolaan pencemaran udara yang masih belum bisa diperoleh oleh masyarakat sehingga kesadaran masyarakat yang masih kurang akan pencemaran udara dan meningkatnya wabah penyakit yang disebabkan oleh pencemaran udara. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dimana teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi dan interview, sedangkan data sekunder diperoleh melalui referensi buku, dokumen Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan media internet. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan berorientasi objek dan metode pengembangan-nya menggunakan metode pengembangan prototype. Setelah dilaksanakan-nya penelitian ini, maka perlu dibuatkanya sebuah alat yang dapat mengatasi kendala-kendala yang terjadi dan memudahkan kegiatan-kegiatan yang menyangkut dengan pencemaran udara serta pencatatan tingkat pencemaran udara setiap harinya sehingga menghasilkan laporan yang valid.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 05 Mar 2019 02:58
Last Modified: 05 Mar 2019 02:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41110

Actions (login required)

View Item View Item