MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Bojongsalam V Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Akademik 2017/2018)

Popon Dania, 125060010 (2019) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Bojongsalam V Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Akademik 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan.

[img]
Preview
Text
cover2 (PRINT 3).pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.sd.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.en.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa kelas III SDN Bojongsalam V yang cenderung pasif dalam pembelajaran dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang monoton, sehingga menyebabkan suasana belajar yang tidak menyenangkan. Dengan latar belakang tersebut, peneliti termotivasi untuk meningkatkan Keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Bojongsalam V yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pada hasil penelitian siklus I untuk persentase ketuntasan keaktifan yaitu sebesar 60% dari seluruh siswa dan temasuk dalam kategori baik, pada siklus II persentase ketuntasan keaktifan siswa mencapai 90% dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I, hasil belajar siswa rata-rata sebesar 67. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ KKM sebanyak 10 orang atau 50%, dan siswa yang mendapatkan nilai ≤ KKM sebanyak 10 orang atau 50% dari jumlah keseluruhan siswa. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 82. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ KKM sebanyak 18 orang atau 90%, dan siswa yang mendapatkan nilai ≤ KKM sebanyak 2 orang atau 10% dari jumlah keseluruhan siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture pada pembelajaran matematika tentang angka bilangan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Picture and Picture, keaktifan dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 04 Mar 2019 06:46
Last Modified: 04 Mar 2019 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41071

Actions (login required)

View Item View Item