PERBANDINGAN KINERJA PETA KONTROL SHEWHART, CUSUM, DAN EWMA DALAM MENDETEKSI PERGESERAN NILAI RATA-RATA PROSES PADA DATA SUBGRUP BESAR

Nurrahmi Dania Utami, 143010063 (2019) PERBANDINGAN KINERJA PETA KONTROL SHEWHART, CUSUM, DAN EWMA DALAM MENDETEKSI PERGESERAN NILAI RATA-RATA PROSES PADA DATA SUBGRUP BESAR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nurrahmi Dania Utami_143010063_Teknik Industri.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Peta kontrol Shewhart merupakan alat pengendalian kualitas yang umum digunakan. Namun peta kontrol Shewhart dinilaikurang sensitif dalammengendalikan proses yang mengalami pergeserannilai rata-rata kecil. Peta kontrol Cusum dan EWMA yang kemudian diusulkan sebagai sebagai alternatif dari peta kontrol Shewhart, yang dapat mendeteksipergeseran yang terjadi sedini mungkin, terutama pada data individu. Dalam Tugas Akhir ini, dilakukan perbandingan kinerja peta kontrol Shewhart, Cusum, dan EWMA padaukuran subgrup = 10 di berbagai nilai pergeseran. Penelitian dimulai dari pembangkitan data populasi dengan parameter µ= 135,588 dan σ= 1,94, kemudian 10 data perngamatanyang mengalami pergeseran nilai rata-rata. Evaluasi kinerja peta kontrol, dimulai dari pembentukan batas kontrol percobaandata populasi dari ketiga peta kontrol. Datapopulasi kemudian di plot pada ketiga peta kontrol untukmemastikan bahwa batas kontrol berasal dari data populasi yang terkendali dan dapat digunakan dalam pengendalian 10 data pergeseran. Kemudian dihitung nilai ARL setiap peta kontrol untukmengetahuiekspektasi jumlah sampel yang dibutuhkan proses hingga tanda out of control pertama terdeteksi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 04 Mar 2019 03:57
Last Modified: 04 Mar 2019 04:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41044

Actions (login required)

View Item View Item