KAJIAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KAWASAN RAWAN BANJIR KECAMATAN CIMAHI SELATAN (STUDI KASUS: KELURAHAN MELONG) Disusun Untuk Memenuhi Syarat Kelulusan Strata Satu (S1)

WIDIA PUTRI, 143060018 and Budi Heri Pirngadie, Dosen PWK Unpas and Deden Syarifudin, DS (2019) KAJIAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KAWASAN RAWAN BANJIR KECAMATAN CIMAHI SELATAN (STUDI KASUS: KELURAHAN MELONG) Disusun Untuk Memenuhi Syarat Kelulusan Strata Satu (S1). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
WIDIA PUTRI_143060018_PWK..pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kelurahan Melong merupakan kawasan rawan banjir di Kota Cimahi, yang ditetapkan karena faktor alamiah dan juga faktor ulah manusia, dimana masih ditemukannya berbagai jenis sampah yang ada di sungai Cilember yang mengalir di Kelurahan Melong akibat dari pembuangan sampah oleh masyarakat. Sampah yang belum dikelola tersebut tentunya menambah dampak negatif bagi permasalahan banjir itu sendiri. Maka dari itu, perlu dilakukannya kajian mengenai partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di kawasan rawan banjir Kelurahan Melong. Penelitian dilakukan untuk mengetahui karakteristik masyarakat dalam pengelolaan sampah yang juga ditinjau berdasarkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi partisipasi, tingkat partisipasi masyarakat dengan menggunakan 5 tangga partisipasi menurut Plummer, dan karakteristik 3 unsur pokok partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan hasil data dianalisis menggunakan statistika sederhana dan analisis menggunakan skala Guttman. Penelitian menunjukkan sebesar 25% masyarakat di kawasan rawan banjir sudah berpartisipasi dalam pengelolaan sampah mulai dari pengurangan sampai dengan pengumpulan sampah, sedangkan pada kawasan tidak rawan banjir sebesar 21% masyarakat sudah berpartisipasi dalam pengelolaan sampah. Tingkat partisipasi di kawasan rawan banjir dan tidak rawan banjir berada di tingkat 2 (informasi). Masyarakat yang mengelola sampah didominasi oleh perempuan, pekerjaan wirausaha dan ibu rumah tangga, tingkat pendidikan terakhir SMA. Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat; Pengelolaan Sampah; Kawasan Rawan Banjir

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 04 Mar 2019 03:42
Last Modified: 04 Mar 2019 03:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41040

Actions (login required)

View Item View Item