KAJIAN MIMETIK TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 DI SMP

N. TITO SARIDAH, NPM. 158090020 (2019) KAJIAN MIMETIK TERHADAP NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DENGAN TUNTUTAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 DI SMP. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
N. TITO SARIDAH_ARTIKEL - Copy.docx

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan kesesuaian bahan ajar Novel Laskar Pelangi dengan tuntutan bahan ajar Bahasa Indonesia untuk siswa SMP kelas VIII. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah konteks nilai karakter religius, jujur, mandiri dan rasa ingin tahu dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ditinjau berdasarkan kajian mimetik? 2) Bagaimanakah jenis nilai pendidikan karakter pada unsur intrinsik novel Laskar Pelangi untuk siswa SMP kelas VIII? 3) Bagaimanakah hasil penelitian yang relevan dengan tuntutan bahan ajar bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk siswa SMP kelas VIII? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran secara faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang berkaitan dengan: aspek kajian mimetik berupa pencerminan, peniruan, dan pembayangan dalam Novel Laskar Pelangi, jenis nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Laskar Pelangi, kesesuaian hasil analisis kajian mimetik terhadap nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Laskar Pelangi dengan tuntutan bahan ajar Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk siswa SMP kelas VIII. Dari proses di atas diperoleh data, bahwa setelah dilakukannya analisis terhadap nilai-nilai karakter menggunakan kajian mimetik, Novel Laskar Pelangi layak dijadikan bahan ajar karena nilai-nilai karakter di dalamnya sudah sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar yang harus dicapai siswa SMP kelas VIII. Novel Laskar Pelangi dijadikan objek penelitian dalam materi teks ulasan. Kesesuaian tersebut telah dibuktikan dengan melakukan wawancara kepada tiga guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Hasil wawancara menunjukkan, bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel Laskar Pelangi sudah relevan dengan tuntutan bahan ajar siswa kelas VIII. Hasil penelitian dapat dijadikan salah satu upaya pembelajaran siswa mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam Novel. Kata-kata kunci: Kajian mimetik, unsur intrisik, nilai-nilai pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 04 Mar 2019 02:48
Last Modified: 04 Mar 2019 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41038

Actions (login required)

View Item View Item