PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG KULIT PISANG RAJA (Musa paradisiaca) DENGAN TEPUNG BERAS TERHADAP KARAKTERISTIK BROWNIES KUKUS BEBAS GLUTEN

Riska Noviyanti, 143020108 and Tantan Widiantara, DS and Yusep Ikrawan, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG KULIT PISANG RAJA (Musa paradisiaca) DENGAN TEPUNG BERAS TERHADAP KARAKTERISTIK BROWNIES KUKUS BEBAS GLUTEN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Riska Noviyanti-143020108-Teknologi Pangan.pdf

Download (502kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh perbandingan tepung kulit pisang raja dengan tepung beras terhadap karakteristik brownies kukus bebas gluten. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yaitu membuat tepung kulit pisang raja. Penelitian utama menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari satu faktor yaitu perbandingan tepung kulit pisang raja dengan tepung beras (1:1, 1:2, 1:3, 1:4, 2:1, 3:1, 4:1). Respon yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu respon kimia dan respon organoleptik. Respon kimia terdiri dari karbohidrat total, serat kasar, antioksidan, dan gluten. Respon organoleptic terdiri dari atribut tekstur, rasa, dan aroma. Hasil penelitian pendahuluan menghasilkan kandungan karbohidrat total sebesar 35,604% dan kandungan serat kasar sebesar 33%. Penelitian utama menunjukkan bahwa perbandingan tepung kulit pisang raja dengan tepung beras berpengaruh terhadap kandungan karbohidrat total, serat kasar, respon tekstur, dan rasa. Perlakuan terpilih yang digunakan dalam analisis gluten dan antioksidan adalah perlakuan a5 dengan perbandingan tepung kulit pisang dengan tepung beras (2:1). Kata Kunci : Tepung Kulit Pisang Raja, Tepung Beras, Brownies, Gluten.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 04 Mar 2019 02:36
Last Modified: 04 Mar 2019 02:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41036

Actions (login required)

View Item View Item