PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA (Studi Kasus Pada Kelompok WIZ di SMA Negeri 10 Bandung)

Almadina Rakhmaniar, NPM. 178080008 (2019) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA (Studi Kasus Pada Kelompok WIZ di SMA Negeri 10 Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ALMADINA - MIK 2017 - Copy.docx

Download (49kB)

Abstract

Komunikasi berlangsung dalam setiap proses kehidupan manusia, salah satunya adalah proses komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang berlangsung secara informal antara dua orang individu. Salah satu kemampuan yang harus dikembangkan oleh seorang individu agar dapat diterima di lingkungan dan dapat berkembang sebagaimana mestinya adalah kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Permasalahan pada Kelompok WIZ di SMA Negeri 10 Bandung adalah mereka tidak mampu menyesuaikan diri dengan aturan dan mata pelajaran di lingkungan sekolah. Permasalahan tersebut diduga disebabkan oleh kurangnya komunikasi interpersonal yang terjalin antara anggota Kelompok WIZ di SMA Negeri 10 Bandung dengan orang tua mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan menganalisis seberapa besar pengaruh komunikasi interpersonal orang tua terhadap penyesuaian diri Kelompok WIZ di SMA Negeri 10 Bandung ketika berada di lingkungan sekolahnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei, untuk melihat pengaruh independent variable (variabel x) terhadap dependent variable (variabel y), yaitu komunikasi interpersonal orang tua terhadap penyesuaian diri Kelompok WIZ di SMA Negeri 10 Bandung. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif, melalui pengujian analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh variabel komunikasi interpersonal orang tua (X) yang terdiri dari dimensi keterbukaan (X1), empati (X2), sikap positif (X3), sikap mendukung (X4) dan kesetaraan (X5) terhadap penyesuaian diri siswa (Y), yang berpengaruh sebesar 64.1%. Sedangkan selebihnya yaitu sebesar 35.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Penyesuaian Diri

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 02 Mar 2019 06:10
Last Modified: 02 Mar 2019 06:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41008

Actions (login required)

View Item View Item