OPTIMALISASI RUTE ANGKUTAN BARANG MENGGUNAKAN TABU SEARCH UNTUK MENEKAN ONGKOS DISTRIBUSI (STUDI KASUS : PT. XYZ Kota Bandung)

DICKY SUPRAYOGIHAPSAK, 143010099 and Nurman Helmi, ds (2019) OPTIMALISASI RUTE ANGKUTAN BARANG MENGGUNAKAN TABU SEARCH UNTUK MENEKAN ONGKOS DISTRIBUSI (STUDI KASUS : PT. XYZ Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Dicky Suprayogihapsak_143010099_Teknik Industri.pdf

Download (297kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. XYZ adalah perusahaan waralaba swalayan yang menjual barang keperluan rumah tangga dengan ritel yang berlokasi dan tersebar di 68 tempat Kota Bandung. 68 ritel dilayani 68 kendaraan pengangkut. Dalam kegiatan pendistribusian barang dari gudang pusat ke setiap ritel, perusahaan tidak mempunyai penugasan transportasi yang tetap untuk setiap ritelnya. Demikian pula rute setiap kendaraan berubah-ubah setiap kali melakukan pemasokan barang dari gudang pusat ke ritelritel. Disamping itu kapasitas kendaraan tidak menjadi perhatian dalam setiap melakukan pengiriman barang. Dengan demikian kondisi ketidakteraturan ini menyebabkan tingginya biaya pengiriman barang dari gudang pusat ke setiap ritel. Permasalahan utama penelitian ini adalah bagaimana melakukan optimalisasi rute kendaraan yang memperhatikan kapasitas kendaraan sehingga dapat menurunkan biaya total pendistribusian barang dari gudang pusat ke setiap ritel. Tujuan daripada penelitian ini adalah diperolehnya rute kendaraan pengangkut barang yang dapat menurunkan biaya distribusi barang. Untuk menyelesaikan permasalahan penelitian ini maka dilakukan terlebih dulu pengelompokkan ritel (clustering) dengan pendekatan sweep algorithm agar diperoleh penugasan kendaraan pengangkut dengan rute kendaraan yang tetap. Kedua dalam menetapkan penugasan kendaraan pada setiap cluster maka dilakukan optimalisasi rute. Unutk ini pertama-tama dilakukan inisialisasi rute dengan menggunakan pendekatan insertion heuristic. Kedua yang diperoleh pada tahap ini dijadikan sebagai inisial rute untuk melakukan optimalisasi. Rute dengan pendekatan tabu search algorithm. Hasil dari tahapan metodologi maka diperoleh 10 cluster yang mempertimbangkan demand dalam cluster yang disesuaikan pula dengan kapasitas kendaraan pengangkut. Tahap berikutnya diperoleh pula optimalisasi rute pada setiap clusternya dari gudang pusat ke setiap cluster yang secara keseluruhan dapat mengurangi jarak tempuh kendaraan pengangkut yang berdampak pada pengurangan biaya distribusi barang. Dibandingkan dengan kondisi biaya distribusi sebelum dilakukan optimalisasi. Besarnya perbedaan biaya distribusi bbarang sebelum dan sesudah dilakukan analisis sebesar Rp 4,887,493 atau diperoleh penghematan biaya sebesar 13,08%. Kata Kunci : Capacity Vehicle Routing Problem, Sweep Algorithm, Insertion Heuristic, Tabu Search Algorithm

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 01 Mar 2019 03:00
Last Modified: 01 Mar 2019 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40971

Actions (login required)

View Item View Item