PENGARUH KONSENTRASI SARI LEMON (Citrus medica var lemon) DAN YOGURT KEDELAI TERHADAP KARAKTERISTIK SMOOTHIES BUAH BISBUL (Diospyros blancoi A.DC)

Arinda Maharani Dewanti, 14.302.0068 and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS and Wisnu Cahyadi, DS (2019) PENGARUH KONSENTRASI SARI LEMON (Citrus medica var lemon) DAN YOGURT KEDELAI TERHADAP KARAKTERISTIK SMOOTHIES BUAH BISBUL (Diospyros blancoi A.DC). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Arinda Maharani D_143020068_Teknologi Pangan.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Smoothies merupakan minuman yang bergizi dan praktis berbasis buah dan atau sayuran yang dapat ditambahkan dengan yoghurt, susu, ataupun madu dengan cara diblender. Seiring dengan perkembangan gaya hidup sehat dan modern, kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi smoothies semakin mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan variasi konsentrasi sari lemon dan yogurt kedelai serta interaksinya terhadap karakteristik smoothies buah bisbul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan rancangan percobaan yaitu rancangan acak kelompok faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor konsentrasi sari lemon dengan 3 taraf yaitu 5%, 10%, 15% dan faktor konsentrasi yogurt kedelai dengan 3 taraf yaitu 25%, 30% dan 35%. Hasil penelitian dilanjutkan dengan perhitungan statistik ANOVA (Analysis of variance) dan uji lanjut Duncan dengan beda taraf nyata 5%. Respon yang diukur dalam penelitian ini terdiri dari respon kimia yaitu kadar vitamin C metode iodimetri, protein metode kjedahl, gula total metode luff schrool, respon fisika yaitu viskositas dan respon organoleptik yaitu uji skala hedonik terhadap warna, rasa, dan aroma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi sari lemon berpengaruh terhadap rasa, aroma, warna, viskositas, kadar vitamin C dan gula total. Konsentrasi yogurt kedelai berpengaruh terhadap rasa, aroma, warna, viskositas, kadar protein dan gula total. Interaksi antara konsentrasi sari lemon dan yogurt kedelai berpengaruh terhadap rasa, aroma, warna, dan viskositas. Smoothies buah bisbul dengan perlakuan sari lemon sebesar 10% dan yogurt kedelai sebesar 30% merupakan smoothies yang paling disukai oleh panelis dengan hasil kadar vitamin C sebesar 57,871 mg/100g, protein 2,47%, gula total 16,861% dan viskositas 195 mPa.s. Kata kunci : Konsentrasi sari lemon, yogurt kedelai, smoothies, buah bisbul

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:42
Last Modified: 28 Feb 2019 04:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40945

Actions (login required)

View Item View Item