APLIKASI METODE ARRHENIUS DALAM PENDUGAAN UMUR SIMPAN SILKY PUDING AIR TAJIN BERAS MERAH (Oryza nivara) DAN EKSTRAK IKAN GABUS (Ophiocephalus striatus)

Nestia Astriliya, 133020194 and Sumartini, DS and Ina Siti Nurminabari, Dosen (2019) APLIKASI METODE ARRHENIUS DALAM PENDUGAAN UMUR SIMPAN SILKY PUDING AIR TAJIN BERAS MERAH (Oryza nivara) DAN EKSTRAK IKAN GABUS (Ophiocephalus striatus). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Nestia Astriliya_133020194_Teknologi Pangan.pdf

Download (281kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan formulasi terpilih antara air taiin beras merah dan ekstrak ikan gabus terhadap silky puding yang dihasilkan serta untuk diversifikasi produk pangan yang dapat diterima oleh masyarakat, dengan menggunakan metode Arrhenius. Respon penelitian terhadap produk silky puding air tajin beras merah dan ekstrak ikan gabus ini terdiri dari tiga tahap analisis. Pertama analisis pendahuluan terhadap bahan baku seperti air tajin beras merah dianalisis kadar pati dan ekstrak ikan gabus dianalisis kadar proteinnya. Kedua, analisis proksimat dari hasil formulasi terpilih seperti analisis Protein, Lemak, Karbohidrat, Air, Abu dan Antioksidan. Ketiga dilakukan analisis terhadap produk silky puding air tajin beras merah dan ekstrak ikan gabus yaitu respon mikrobiologi (Jumlah total mikroba). Penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu tahap penelitian pendahuluan dan tahap penelitian utama. Tahap penelitian pendahuluan bertujuan untuk menentukan formulasi yang terpilih dari hasil panelis dengan menggunakan metode uji hedonik. Setelah didapatkan hasil formulasi terpilih, maka dilakukan analisis proksimat. Setelah itu masuk ke tahap penelitian utama yaitu dilakukan analisis TPC pada silky puding, setelah itu menentukan lama penyimpanan terbaik selama 6 jam dengan suhu yang berbeda-beda pada silky puding air tajin beras merah dan ekstrak ikan gabus dengan suhu 17°C dengan waktu 5,16 jam, pada suhu 27°C dengan waktu 5,13 jam dan pada suhu 37°C dengan waktu 5,10 jam. Berdasarkan hasil penelitian pada umur simpan silky puding air tajin beras merah dan ekstrak ikan gabus dapat dipastikan bahwa pada suhu 17°C adalah suhu yang paling bagus dalam penyimpanan. Kata Kunci: Silky Puding, Air Tajin, Beras Merah, Ekstrak Ikan Gabus, Umur Simpan, Jumlah Total Mikroba.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:17
Last Modified: 27 Feb 2019 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40927

Actions (login required)

View Item View Item