ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PRODUK PUPUK NPK PHONSKA BERDASARKAN KEBUTUHAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HOQ FASE 1 DAN FASE 2 (STUDI KASUS : PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK)

AHMAD FAUZI, 143010186 and Chevy Sumerli, ds and Dedeh Kurniasih, ds (2019) ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PRODUK PUPUK NPK PHONSKA BERDASARKAN KEBUTUHAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HOQ FASE 1 DAN FASE 2 (STUDI KASUS : PT. PUPUK KUJANG CIKAMPEK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
AHMAD FAUZI_143010186_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (470kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Persaingan yang ketat menuntut perusahaan untuk semakin inovatif dalam mengeluarkan produk yang sekiranya disukai konsumen. Produk pupuk NPK Phonska salah satu kebutuhan konsumen khususnya bagi pengguna petani dimana kepuasan konsumen terhadap suatu produk sering kali tinjau dilihat dari segi kualitas produk tersebut sehingga konsumen pengguna pupuk NPK Phonska masih merasa belum puas terhadap pupuk NPK Phonska. Oleh sebab itu, maka penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen berdasarkan suara konsumen terhadap rancangan produk pupuk NPK Phonska. Sehingga dalam permasalah kebutuhan konsumen terhadap produk pupuk NPK Phonska dapat diatasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini digunakan beberapa studi literatur untuk menunjang sebagai referensi yang digunakan dan membentuk kerangka pemikiran untuk melaksanakan penelitian ini. Penerapan House of Quality fase 1 dan fase 2 digunakan untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap peningkatan kualitas produk pupuk NPK Phonska agar sesuai berdasarkan suara dan harapan konsumen. Dari hasil rancangan dari House of Quality maka dapat disimpulkan bahwa rancangan akhir ini menunjukan perencanaan produk dan material komponen yang digunakan untuk memenuhi sasaran kebutuhan konsumen. Pada penelitian ini terdapat cara pengolahan data dengan menggunakan software SPSS sebagai alat untuk menguji hasil kuesioner seperti uji validitas dan uji reliabilitas serta pengolahan data berdasarkan HOQ fase 1 dan fase 2 untuk mendapatkan hasil data yang akan dijadikan analisis dan pembahasan. Berdasarkan hasil pengolahan data bahwa rancangan HOQ fase 2 menghasilkan rancangan akhir berdasarkan material atau komponen yang dibutuhkan oleh konsumen untuk pupuk NPK Phonska yang baru meliputi tingkat daya tahan kualitas penggunaan produk, harga produk sesuai kualitas, informasi mengenai petunjuk penggunaan produk, informasi pelayanan konsumen, jenis bahan karung plastik ukuran kemasan 60 x 90 cm berat isi 50 kg, informasi label sertifikasi produk SNI, informasi label nama produk dan logo produsen bagian depan kemasan, informasi kandungan bahan kimia (N) Nitrogen 15 %, (P2O5) Fosfat 15 %, (K2O) Kalium 15 % menurut regulasi pemerintah, ukuran butiran pupuk 2-3 mm, dan informasi kandungan bau pupuk menurut kementerian pertanian. Kata Kunci : Pupuk NPK Phonska, House of Quality, Suara Konsumen, Peningkatan Kualitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 27 Feb 2019 04:00
Last Modified: 27 Feb 2019 04:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40899

Actions (login required)

View Item View Item