PENGEMBANGAN DESAIN MEKANISME ESKALATOR PORTABLE UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BANDARA DI INDONESIA (ASPEK CHASIS DAN HIDROLIK)

Taufik Rohman, 143030128 and Agus Sentana, DS and Gatot Santoso, Ds (2019) PENGEMBANGAN DESAIN MEKANISME ESKALATOR PORTABLE UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BANDARA DI INDONESIA (ASPEK CHASIS DAN HIDROLIK). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Taufik Rohman_143030128_Teknik Mesin.pdf

Download (405kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi sekarang ini semakin pesat, masyarakat banyak yang menuntut agar segala aktivitas tidak membutuhkan tenaga yang cukup besar, contohnya dalam berpergian kesuatu tempat yang jauh, dapat menggunakan transportasi udara yaitu pesawat terbang. Pesawat terbang merupakan alat transportasi yang memiliki dimensi sangat besar yang mengakibatkan adanya boarding penumpang untuk masuk ke dalam pesawat. Pada proses boarding penumpang di Indonesia masih menggunakan tangga statis dan ada salah satu bandara yang sudah mengguanakan garbarata, akan tetapi penggunaan alat boarding penumpang sekarang ini masih memiliki polemik ,karena harus berjalan menaiki tangga yg cukup tinggi dan harus memiliki parkiran yang cukup luas untuk penggunaan garbarata. Penggunaan garabarata dan tangga statis dapat digantikan dengan menggunakan esakalator portable, dimana eskalator tersebut dapat berpindah tempat dan memiliki sebuah sistem hidrolik yaitu outrigger hidrolik, dimana dalam penggunaan outrigger hidrolik ini mampu mengangkat eskalator portable untuk menyesuaikan ketinggian pesawat komersial yang berbeda-beda. Eskalator portable yang dirancang pada penelitian ini memiliki panjang 11.200,64 mm Lebar 2.860 mm Tinggi 4.156,65 mm dan panjang langka outrigger hidrolik mencapai 1.200 mm. Dengan memiliki dimensi tersebut eskalator portable ini dapat digunakan pada pesawat yang memiliki ketinggian pintu pesawat 4,5 m sampai 5,3 m, seperti pesawat Boieng 777 sampai Air Buss A380. Kata Kunci : Pesawat Terbang, boarding Penumpang, Eskalator Portable, Outrigger Hidrolik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 27 Feb 2019 03:30
Last Modified: 27 Feb 2019 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40891

Actions (login required)

View Item View Item