PERANCANGAN EKSPERIMEN KREATIF MEDIA KEMASAN DAN CITARASA KOPI. AHMAD NAUFAL ZIYAAD : 146010043

AHMAD NAUFAL ZIYAAD and Tata Kartasudjana, S.Sn., M. Ds dan Erna Nurmalinda, M. Sn. (2019) PERANCANGAN EKSPERIMEN KREATIF MEDIA KEMASAN DAN CITARASA KOPI. AHMAD NAUFAL ZIYAAD : 146010043. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Tren kopi zaman sekarang semakin meningkat di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang tidak ingin menyia – nyiakan fenomena ini dan mulai berbisnis di bidang kopi, dari mulai kedai kopi atau kafe. Bisnis ini pun dilakoni oleh beberapa dimensi masyarakat dari mulai pengusaha, pedagang hingga petani kopi yang ikut mendagangkan hasil taninya. Para UKM berbondong-bondong menarik perhatian para konsumennya dengan berbagai cara salah satunya dengan membuat kemasan. Akibat banyaknya kemasan kopi yang bermunculanmengakibatkan banyaknya kesamaan kemasan, padahal kopi memiliki berbagai macam varian dari mulai wilayah kopi ditanam, aroma kopi dan rasa yang muncul ketika kopi dinikmati. Penelitian perancangan “Kemasan dan Cita Rasa Kopi” ini menawarkan solusi membuat kemasan yang mengidentifikasikan kopi secara keseluruhan dalam kemasan. Perancangan ini dilakukan dengan cara branding kemasan kopi dari salah satu kedai kopi sekaligus produsen kopi di kota Bandung yaitu Mahoni Coffee. Kemasan yang dirancang menggunakan gaya visual Flat Design dan Stilasi untuk memudahkan konsumen menerima informasi yang diberikan dalam kemasan. Stilasi yang digunakan adalah penyederhanaan bentuk dari gambaran dari ciri khas wilayah kopi tersebut di tanam. Kintamani Bali digambarkan dengan tugu tempat beribadah yang biasa berada di depan rumah warga di Bali, Lampung digambarkan dengan Gajah Sumatera yang terkenal di wilayah Lampung, serta Rancakalong digambarkan dengan pemandangan desa di tengah sawah yang menjadi ciri khas wilayah Rancakalong yang didominasi oleh lahan pertanian pasi. Kesimpulan dari yang didapat dari penelitian ini diantaranya adalah konsumen dengan mudah menerima informasi dalam kemasan kopi secara cepat. Namun penelitian ini harus dikembangkan lagi untuk dapat mengikuti perkembangan zaman agar dapat diterima oleh masyarakat yang akan datang.Keyword: Kemasan, Branding, Kopi, Citarasa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 26 Feb 2019 08:39
Last Modified: 27 Feb 2019 04:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40849

Actions (login required)

View Item View Item