PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) DENGAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : PROYEK H225 PT. DIRGANTARA INDONESIA)

AKBAR SURYA KUSUMAH, 143010074 and Yogi Yogaswara, DS and Tjutju Tarliah.D, DS (2019) PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) DENGAN METODE SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS : PROYEK H225 PT. DIRGANTARA INDONESIA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
AkbarSuryaKusumah_143010074_TeknikIndustri.pdf

Download (415kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT Dirgantara Indonesia (Persero) merupakan satu-satunya industri strategis Indonesia yang bergerak dibidang kedirgantaraan atau industri pesawat terbang. PTDI memiliki sistem distribusi yang cukup kompleks, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi kinerja supply chain pada perusahaan dengan menggunakan metode Supply Chain Operations Reference (SCOR) dan Analythical Hierarchy Process (AHP). Dipilihnya metode SCOR yaitu sebagai pengukuran kinerja supply chain suatu perusahaan karena di dalamnya terdapat ruang lingkup yang jelas seperti serangkaian kegiatan yang meliputi koordinasi, penjadwalan dan pengendalian terhadap pengadaan, produksi, persediaan, dan pengiriman produk kepada pelanggan yang mencangkup administrasi harian, operasi, logistik, dan pengolahan informasi dari pelanggan hingga ke pemasok. Dan AHP digunakan sebagai pembobotan tingkat kepentingan pada level 1 (Plan, Source, Make, Deliver, Return) dan level 2(Reliability, Responsiveness, Flexibility). Tujuan dari penggunaan metode SCOR ini yaitu untuk mengetahui hasil dari kinerja supply chain di PTDI dan mengetahui tingkat kepentingan pada setiap metriksnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh nilai sebesar 74,02. Berdasarkan system monitoring kinerja supply chain, hal ini menunjukkan bahwa kinerja supply chain di PTDI sudah termasuk kedalam kategori baik, karena memiliki nilai lebih besar dari 70. Kata Kunci : Kinerja Supply Chain, Supply Chain Operations Reference, Analythical Hierarchy Process

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 25 Feb 2019 06:32
Last Modified: 25 Feb 2019 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40814

Actions (login required)

View Item View Item