PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP TARIF PAJAK EFEKTIF (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdafatar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017)

Rodiyah, 144010121 and pembimbing 1, Hj. Mujibah. A. Sufyani., SE., MM (2019) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP TARIF PAJAK EFEKTIF (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdafatar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Tarif pajak efektif adalah tarif yang sesungguhnya berlaku atas penghasilan wajib pajak. Penghasilan kena pajak tergantung pada kebutuhan perusahaan melihat beban tarifnya. Tarif pajak efektif biasanya berupa persentase. Apabila perusahaan memiliki persentase tarif pajak efektif yang lebih tinggi dari tarif yang ditetapkan maka perusahaan kurang maksimal dalam memaksimalkan insentif-insentif perpajakan yang ada, karena dengan perusahaan memanfaatkan insentif perpajakan yang ada maka dapat memperkecil persentase pembayaran pajak dari laba. faktor yang mempengaruhi tarif pajak efektif yaitu Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Institusional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh profitabilitas, leverage, kepemilikan institusional terhadap tarif pajak efektif pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017 baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan jumlah populasi yaitu 153. Pemilihan sampel yang digunakan yaitu dengan metode purposive sampling. Total sampel penelitian adalah 26 perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi tidak langsung dan penelitian kepustakaan. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap tarif pajak efektif Sementara itu, kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap tarif pajak efektif. Profitabilitas, leverage dan kepemilikan institusional memberikan pengaruh terhadap tarif pajak efektif sebesar 52,13%. Pengaruh variabel independen yang dominan yaitu leverage dengan koefisien sebesar 44,31%, profitabilitas sebesar 7,39%. dan kepemilikan institusional sebesar 0,456%. Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, Kepemilikan Institusional, dan Tarif Pajak Efektif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:52
Last Modified: 25 Feb 2019 04:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40803

Actions (login required)

View Item View Item