PENGARUH PERBANDINGAN JANTUNG PISANG KEPOK (Musa Paradisiaca L.) DENGAN DAGING BELUT (Monoptherus Albus Zuieuw) DAN PENAMBAHAN TAPIOKA TERHADAP KARAKTERISTIK DENDENG SINTETIS

Rhisna Yoga Pratama, 133020204 and WILLY PRANATA WIDJAJA, DS and Dede Zainal Arief, DS (2019) PENGARUH PERBANDINGAN JANTUNG PISANG KEPOK (Musa Paradisiaca L.) DENGAN DAGING BELUT (Monoptherus Albus Zuieuw) DAN PENAMBAHAN TAPIOKA TERHADAP KARAKTERISTIK DENDENG SINTETIS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rhisna Yoga Pratama_133020204_Teknologi Pangan.pdf

Download (259kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan perbandingan terbaik dari Jantung pisang dengan daging belut serta penambahan tapioka agar diperoleh dendeng dengan karakteristik yang baik. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari penelitian pendahuluan menentukan formulasi terpilih dan penelitian utama menggunakan Rancangan analisis yang dilakukan adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan faktor yang digunakan adalah perbandingan jantung pisang dengan daging belut 1:3, 1:1, 3:1. Konsentrasi tapioka 2%, 4% dan 6%. Respon pada penelitian ini meliputi respon kimia dan respon organoleptik. Respon kimia terdiri dari uji kadar air engan metode Destilasi, uji kadar pati dengan metode luff schrool, uji kadar protein dengan metode Kjedhl, uji kadar lemak dengan metode Soxhlet dan respon organoleptic dengan metode uji hedonik. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh antara perbandingan jantung pisang dengan daging belut berpengaruh terhadap kadar air, kadar protein, kadar lemak dan kadar pati, dan rasa. serta penambahan tapioka berpengaruh terhadap kadar air, kadar pati dan tekstur terhadap karakteristik dendeng sintetis. Hasil dari penelitian pendahuluan uji organoleptik bahwa formula yang disukai oleh panelis adalah formula 1. Sampel terpilih dari hasil analisis yaitu pada perbandingan jantung pisang dengan belut 1:3 dengan konsentrasi tapioka 4% memiliki kadar air 14,6126%, kadar pati 9,3126%, kadar protein 15,1305%, dan kadar lemak 2,5249.. Kata Kunci : Jantung Pisang, Belut, Tapioka, Dendeng.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Feb 2019 03:56
Last Modified: 21 Feb 2019 03:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40702

Actions (login required)

View Item View Item