KAJIAN PENENTUAN LOKASI STASIUN PERALIHAN ANTARA (SPA) DI KECAMATAN PADALARANG UNTUK MENGANTISIPASI PEMINDAHAN TPA DARI TPPAS SARIMUKTI KABUPATEN BANDUNG BARAT KE TPPAS LEGOK NANGKA KABUPATEN BANDUNG

Sarah Hafsari, 143060044 and Budi Heri Pirngadie, Dosen PWK Unpas and Jajan Rohjan, DS (2019) KAJIAN PENENTUAN LOKASI STASIUN PERALIHAN ANTARA (SPA) DI KECAMATAN PADALARANG UNTUK MENGANTISIPASI PEMINDAHAN TPA DARI TPPAS SARIMUKTI KABUPATEN BANDUNG BARAT KE TPPAS LEGOK NANGKA KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Sarah Hafsari_143060044_Perencanaan Wilayah dan Kota.pdf

Download (901kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang pesat dapat meningkatkan aktivitas di kawasan perkotaan yang akan berdampak kepada jumlah timbulan sampah yang terus meningkat. Saat ini sampah di Kecamatan Padalarang masih dilayani oleh TPPAS Sarimukti yang berlokasi di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Namun, pada tahun 2019 TPA Sarimukti akan ditutup lalu dipindahkan ke TPPAS Legok Nangka di Kecamatan Nagrek Kabupaten Bandung. Dengan adanya rencana pemindahan TPA tersebut maka perlu adanya penanganan sampah yang dilakukan seperti penyediaan Stasiun Peralihan Antara (SPA), karena apabila jarak TPA dengan daerah pelayanan ≥ 25 km maka perlunya penyediaan Stasiun Peralihan Antara (SPA). Stasiun Peralihan Antara (SPA) berfungsi untuk mereduksi volume sampah, sehingga mampu mengurangi ritasi pengangkutan sampah ke TPA serta dapat mengurangi Biaya Operasional Pengangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan lokasi Stasiun Peralihan Antara (SPA), dilakukan metode skoring sehingga dapat diketahui lokasi Stasiun Peralihan Antara (SPA) terpilih serta manfaat adanya Stasiun Peralihan Antara (SPA) dapat mengurangi volume sampah sebanyak 60. Setelah adanya Stasiun Peralihan Antara (SPA) berkurang Rp.4.749.359.078,- Kata Kunci: Pemindahan TPA; Stasiun Peralihan Antara (SPA); Pengurangan Volume; Biaya Operasional Kendaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:57
Last Modified: 21 Feb 2019 01:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40689

Actions (login required)

View Item View Item