PERENCANAAN JALUR RITASI PENGANGKUTAN SAMPAH WILAYAH BANDUNG UTARA KE STASIUN PERALIHAN ANTARA (SPA) LEUWIGAJAH MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN FORTRAN

Novia Nurafiskha Mokhti, 143050030 and Anni Rochaeni, DS and Yonik Meilawati Yustiani, Ds (2019) PERENCANAAN JALUR RITASI PENGANGKUTAN SAMPAH WILAYAH BANDUNG UTARA KE STASIUN PERALIHAN ANTARA (SPA) LEUWIGAJAH MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN FORTRAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
NoviaNurafiskhaMokhti_143050030_TL.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NoviaNurafiskhaMokhti_143050030_TL.pdf

Download (665kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kota Bandung merupakan salah satu kota yang mengalami permasalahan di bidang pengelolaan sampah khususnya pada sub bagian pelayanan pengangkutan sampah. Masih banyak sampah yang belum terangkut dan terjadi penumpukan di beberapa daerah di Kota Bandung. TPA Sarimukti yang beroperasi di Kota Bandung telah habis masa pakainya pada tahun 2017 dan akan dipindahkan ke TPA Legok Nangka yang berada di Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung. Akan tetapi TPA Legok Nangka belum siap beroperasi. Karena jarak yang cukup jauh menuju TPA Legok Nangka maka diperlukan sistem pengangkutan sampah yang baru menggunakan Stasiun Peralihan Antara (SPA). Stasiun Peralihan Antara (SPA) untuk wilayah operasional Bandung Utara adalah SPA Leuwigajah. Untuk itu diperlukan rute kendaraan baru yang efektif. Rute kendaraan dibuat dengan menggunakan model Vehicle Routing Problem (VRP) metode Nearest Neighbour. Setiap kendaraan ditugaskan untuk mengunjungi beberapa TPS, hingga truk penuh atau kapasitas angkut tercapai, kemudian sampah diangkut ke Stasiun Peralihan Antara (SPA). Untuk mempermudah dalam perhitungan maka diperlukan software berupa bahasa pemrograman FORTRAN. Hasil simulasi dari penulisan kode dalam pemrograman FORTRAN menghasilkan 9 rute kendaraan untuk mengangkut 85 titik TPS sistem wadah tinggal dengan jenis kendaraan Dump Truck kapasitas 10 m³. Hasil dari simulasi pemrograman FORTRAN menunjukkan hasil ritasi yang sama dengan perhitungan manual dari penelitian sebelumnya yang menandakan bahwa pemrograman FORTRAN berhasil dilakukan untuk perencanaan jalur ritasi pengangkutan sampah wilayah operasional Bandung Utara. Dengan digunakannya bahasa pemrograman FORTRAN maka alternatif/jalur rute sampah tidak lagi dihitung dengan cara manual yang akan memakan waktu cukup lama dan hasil koding dari bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk perencanaan ritasi pada daerah kajian lain. Kata Kunci : Bahasa Pemrograman FORTRAN, Nearest Neighbour, Pengangkutan Sampah, Stasiun Peralihan Antara (SPA), Vehicle Routing Problem (VRP), Wilayah Bandung Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:41
Last Modified: 21 Feb 2019 01:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40685

Actions (login required)

View Item View Item