KAJIAN DAN ANALISIS PENYEBAB UTAMA TERJADINYA PENGEMBUNGAN KEMASAN PADA SUSU UHT (Ultra High Temperature) DENGAN METODE ROOT CAUSE ANALISYS (RCA)

Aditya Eka Nugraha, 13.302.0024 and Wisnu Cahyadi, DS and Hasnelly, DS (2019) KAJIAN DAN ANALISIS PENYEBAB UTAMA TERJADINYA PENGEMBUNGAN KEMASAN PADA SUSU UHT (Ultra High Temperature) DENGAN METODE ROOT CAUSE ANALISYS (RCA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Aditya Eka Nugraha_133020024_Teknologi Pangan.pdf

Download (342kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Susu merupakan minuman bergizi tinggi yang dihasilkan ternak perah menyusui seperti sapi perah, kandungan nutrisi susu dari sapi adalah air 87%, lemak 3,7%, gula 4,75%, protein 2,7%, lain-lain 0,7% dan abu 0,75%. Susu sangat mudah rusak dan tidak tahan lama jika disimpan terkecuali jika mengalami perlakuan khusus. Susu yang diperah di sore hari mempunyai kandungan lemak susu yang rasanya lebih gurih dari pada yang diperah di pagi hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penyebab utama terjadinya kemasan yang kembung pada susu UHT (Ultra High Temperature). Mengetahui penanganan masalah terhadap terjadinya kemasan yang kembung pada susu UHT (Ultra High Temperature). Membantu perusahaan dalam memecahkan permasalahan terjadinya yang kembung pada susu UHT (Ultra High Temperature). Mempelajari dan menganalisis permasalahan yang berpengaruh terhadap kualitas produk. Metode yang digunakan adalah Root Cause Analysis menggunakan Tools Data Collection, Causal Factor Charting (Pareto Chart), Root Cause Identification, dan Tools Generation and Implementation, terhadap terjadinya kemasan yang kembung pada susu UHT (Ultra High Temperature). Tahapan penelitian meliputi analisis penerimaan fresh milk, analisis CIP (Cleaning in Place), pengamatan proses pasteurisasi, pengamatan dan perhitungan holding tube proses sterilisasi UHT (Ultra High Temperature), pengambilan sampel, analisis sifat fisik terhadap kemasan, analisis pengukuran pH dan analisis mikrobiologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab masalah yang paling dominan (Vital View)menyebabkan terjadinya kemasan yang kembung pada susu UHT (Ultra High Temperature) adalah kemampuan operator yang kurang memadai (kesalahan dalam pemasangan Conveyor) yang memiliki persentase frekuensi sebanyak 16 Pack dengan persentase sebanyak 50%. Kata Kunci : Kemasan, Root Cause Analysis, UHT (Ultra High Temperature)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 16 Feb 2019 02:09
Last Modified: 19 Feb 2019 03:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40498

Actions (login required)

View Item View Item