PENDUGAAN UMUR SIMPAN NUGGET IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus) DENGAN VARIASI KEMASAN MENGGUNAKAN METODE Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) PENDEKATAN ARRHENIUS.

Iftinan Septaliandri Yorah, 14.302.0315 and Nana Sutisna Achyadi, Dosen and Asep Dedy Sutrisno, DS (2019) PENDUGAAN UMUR SIMPAN NUGGET IKAN LELE SANGKURIANG (Clarias gariepinus) DENGAN VARIASI KEMASAN MENGGUNAKAN METODE Accelerated Shelf Life Testing (ASLT) PENDEKATAN ARRHENIUS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Iftinan Septaliandri Yorah_143020315_Teknologi Pangan.pdf

Download (431kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui umur simpan nugget ikan lele yang dipengaruhi oleh variasi kemasan. Metode penelitian dilakukan dua tahap yaitu penelitian tahap satu dan penelitian tahap dua. Penelitian tahap satu yang dilakukan yaitu membuat produk nugget ikan lele, melakukan analisis terhadap respon kimia dan mikrobiologi nugget ikan lele, dan menentukan respon kritis yang akan digunakan pada penelitian utama dimana pada penelitian ini nugget ikan lele disimpan pada suhu 45oC untuk mempercepat kerusakan. Setelah itu masuk ke penelitian tahap dua yaitu pendugaan umur simpan pada nugget ikan lele yang disimpan dalam kemasan nilon (0,09 mm), PP rigid (0,45 mm), dan alumunium foil(0,125 mm). Kemudian masing-masing sampel yang telah dikemas disimpan pada suhu yang berbeda yaitu pada suhu -5oC, 5oC, dan 15oC, selanjutnya interval 5 hari sekali dilakukan analisa terhadap respon kimia dan respon mikrobiologi. Data kemudian di plot ke dalam grafik dan diolah untuk menetukan umur simpan nugget ikan lele dengan menggunakan model Arrhenius. Hasil penelitian tahap satu menunjukkan bahwa nugget ikan lele yang disimpan pada suhu 45oC ditolak panelis pada jam ke-18 dan respon kritis yang terpilih adalah respon kadar FFA dan jumlah mikroba (TPC). Hasil penelitian tahap dua menunjukkan bahwa nugget ikan lele dengan kemasan alumunium foil memiliki umur simpan paling panjang dengan energi aktivasi (Ea) terendah pada parameter kadar FFA dengan umur simpan pada suhu -5oC yaitu 117,08 hari, pada suhu 5oC yaitu 93,92 hari, dan pada suhu 25oC yaitu 76,51 hari. Kata kunci: nugget ikan lele, kemasan PP rigid, Nilon, Alumunium Foil, Umur simpan metode Accelerated Shelf Life Testing

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 16 Feb 2019 02:05
Last Modified: 16 Feb 2019 02:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40497

Actions (login required)

View Item View Item