ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN (KNOWLEDGE MANAGEMENT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI GraPARI TELKOMSEL SOREANG

ARMAN JAYA, NPM : 168020091 (2018) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN (KNOWLEDGE MANAGEMENT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI GraPARI TELKOMSEL SOREANG. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Arman Jaya.docx

Download (21kB)

Abstract

Analisis Penerapan Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Karyawan Di GrapariTelkomsel Soreang di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Azhar Affandi, S.E., M.Sc. sebagai adivisor dan Dr. H. Yusuf Arifin, S.Si., M.M. sebagai co-advisor. Tujuan penelitian ini yakni melihat dan mengkaji: (1) penerapan manajemen pengetahuan di GraPARITelkomsel Soreang; (2) kinerja karyawan GraPARITelkomsel Soreang; (3) faktor-faktor kendala dalam penerapan manajemen pengetahuan di GraPARITelkomsel Soreang; dan (4) strategi-strategi penerapan manajemen pengetahuan di GraPARITelkomsel Soreang. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan qualitativeexplanatory yang bersifat single-case yang melibatkan beberapa informan untuk melihat fenomena penerapan manajemen pengetahuan di GraPARITelkomselSoreang sebagai upaya meningkatkan kinerja karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Knowledge Management AssessmentTool(KMAT), wawancara mendalam, observasi non-partisipan dan studi dokumentasi dengan menerapkan triangulasi, membercheck dan perpanjangan pengamatan sebagai teknik keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan manajemen pengetahuan di GraPARI Soreang sudah bagus, namun ada dua kategori yang masih lemah yaitu aspek budaya/ struktur dan aspek pengukuran manajemen pengetahuan. Hasil pengukuran kinerja karyawan GraPARITelkomsel Soreang menunjukkan masih rendah dan bahkan penilaian kinerja dari pelanggan menunjukkan adanya penurunan dari bulan November ke bulan Desember 2018. Terdapat sembilan faktor-faktor kendala penerapan manajemen pengetahuan di GraPARITelkomsel Soreang yakni: (1) kurang stabil koneksi jaringan/ aplikasi bermasalah; (2) kurang pelatihan dan pembelajaran; (3) perubahan SOP dan Products knowledgesangat dinamis; (4) belum intensnya pemberian insentif dalam berbagi pengetahuan; (5) tacitknowledge tidak dikelola sebagai pengetahuan; (6) perusahaan belum mampu menghargai pengetahuan dari karyawan; (7) belum ada regulasi jelas dalam mengakses knowledge Management System; (8) rendahnya antusias karyawan dalam mengakses knowledge Management System; (9) belum tersedia wadah penampung ide-ide kreatif; (10) kemampuan pemahaman karyawan berbeda; dan (11) waktu pengaksesan KMS terbatas. Strategi-strategi yang bisa diterapkan di GraPARITelkomsel Soreang dalam penerapan manajemen pengetahuan sebagai upaya meningkatkan kinerja karyawan adalah audit pengetahuan, analisis kesenjangan (gap) dan knowledgemanagementstrategyroad map dengan output berupa pengambilan/ penciptaan pengetahuan, berbagi/ transfer pengetahuan dan penguasaan/ penggunaan pengetahuan yang optimal. Kata Kunci: Manajemen Pengetahuan, Kinerja Karyawan, Knowledge Management AssessmentTool(KMAT)

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:40
Last Modified: 13 Feb 2019 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40463

Actions (login required)

View Item View Item