Pola Komunikasi Organisasi (Studi Kualitatif Pola Komunikasi Pada Kepengurusan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jawa Barat Periode 2015-2018)

Jhon Hendra, NPM : 148080016 (2018) Pola Komunikasi Organisasi (Studi Kualitatif Pola Komunikasi Pada Kepengurusan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jawa Barat Periode 2015-2018). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS JHON edit.docx

Download (114kB)

Abstract

Organisasi Profesi jurnalis sangat penting, selain sebagai perkumpulan jurnalis, menjadi wadah diskusi, membuat kegiatan, bahkan untuk memberikan perlindungan hukum bagi jurnalis saat bekerja. Sebab tidak dapat dipungkiri menjalankan profesi jurnalis memiliki resiko tinggi yang dapat membahayakan jiwa. Menyikapi ini, sejak era reformasi tahun 1998 kemudian terbentuk berbagai organisasi profesi jurnalis, namun yang diakui hanya tiga yakni, Aliansi Jurnalis Indenpenden (AJI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) serta Organisasi tertua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Salah Satu Organisasi Profesi jurnalis yang lahir di era reformasi yakni IJTI. Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia merupakan sebuah organisasi profesi, yang anggotanya terdiri dari jurnalis televisi yang bekerja di berbagai media televisi yang berbeda. Organisasi ini, tersebar di seluruh propinsi di Indonesia, salah satunya IJTI Pengda Jawa Barat. Dalam menjalankan roda organisasi, IJTI Pengda Jawa Barat masih mengalami banyak kendala, seperti sulitnya menyatukan sebuah kesepakatan karena setiap anggotanya memiliki idealisme masing-masing dikarenakan mereka bekerja di stasiun televisi yang berbeda, sulitnya melakukan pertemuan formal karena kesibukan peliputan, dan berbagai kendala lain yang menyebabkan banyak konflik antara pengurus dengan pengurus maupun pengurus dengan anggotanya, ataupun konflik antar anggota. Sehingga berdampak sering terjadi kefakuman kegiatan. Dari fenomena ini, kemudian diperlukan penelitian yang bisa menjawab dan memberikan solusi, bagaimana pola komunikasi organisasi IJTI Pengda Jawa Barat,yang tepat agar roda organisasi IJTI berjalan sesuai dengan visi misi IJTI yakni: Visi: Mewujudkan masyarakat madani melalui kemerdekaan pers yang mendidik, mencerdaskan dan bertanggung jawab. Misi: 1. Mewujudkan korp jurnalis televisi Indonesia yang mandiri, bebas, dan bertanggung jawab. 2. Mewujudkan jurnalis televisi yang memiliki kemampuan profesional, serta kesetiakawanan profesi dan hidup dalam kesejahteraan jasmani dan rohani. 3. Merawat dan mengembangkan profesionalisme jurnalis televisi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:12
Last Modified: 13 Feb 2019 03:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40459

Actions (login required)

View Item View Item