PEMBANGUNAN APLIKASI LAYANAN PENGURUSAN SURAT BERBASIS LINE BOT (STUDI KASUS DI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PASUNDAN)

Budi Ramdani, 143040140 and Ririn Dwi Agustin, DS and Wanda Gusdya, DS (2019) PEMBANGUNAN APLIKASI LAYANAN PENGURUSAN SURAT BERBASIS LINE BOT (STUDI KASUS DI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS PASUNDAN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Budi Ramdani_143040140_Teknik Informatika.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Revolusi industri 4.0 ditandai dengan kemunculan super komputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, IoT (internet of things) dimana semua perangkat terhubung dengan internet dan artifial intelligent (AI) yang mampu menggantikan peran manusia dengan robot. Program Studi Teknik Infomatika Universitas Pasundan belum sepenuhnya memanfaatkan internet sebagai alat untuk membantu pekerjaan. Seperti pada pelayanan pengurusan surat di tata usaha Program Studi Teknik Infomatika Universitas Pasundan, mahasiswa masih harus mendatangi tata usaha untuk meminta layanan pengurusan surat. LINE adalah sebuah aplikasi pengirim pesan instan gratis yang dapat digunakan pada berbagai platform seperti telepon cerdas, tablet, dan komputer. LINE difungsikan dengan menggunakan jaringan internet sehingga pengguna LINE dapat melakukan aktivitas seperti mengirim pesan teks, mengirim gambar, video, pesan suara, dan lain lain. Untuk pembuatan bot (robot), LINE menggunakan fitur Messaging API (Application Programming Interface). Penelitian ini dilakukan untuk membangun aplikasi yang mampu melakukan permintaan permohonan pengurusan surat berbasis pesan instans LINE Messenger menggunakan robot percakapan (chatbot) sebagai pengganti peran Tata Usaha untuk melayani permintaan surat. Penelitian ini dimulai dari kajian literatur, lalu dilakukan analisis kebutuhan dan analisis teknologi, kemudian perancangan, kontruksi hingga pengujian aplikasi layanan permohonan pengurusan surat. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah chatbot dalam pesan instans LINE Messenger yang dapat digunakan untuk melayani permintaan pengurusan surat. Kata kunci : Chatbot, LINE Messenger, LINE Bot

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:37
Last Modified: 12 Feb 2019 04:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40449

Actions (login required)

View Item View Item