PENGUKURAN USABILITY WEBSITE DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION (Studi Kasus: Website Penjualan PT Yudhistira Ghalia Indonesia)

Siti Latifah Nuryanti, 14.304.0095 and Caca E. Supriana, DS (2019) PENGUKURAN USABILITY WEBSITE DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION (Studi Kasus: Website Penjualan PT Yudhistira Ghalia Indonesia). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Siti Latifah Nuryanti_143040095_Teknik Informatika.pdf

Download (317kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT Yudhistira Ghalia Indonesia adalah perusahan yang bergerak dibidang penerbit dan percetakan. Terdapat beberapa buku yang tidak dapat ditemui secara fisik pada toko cabang yang tersebar di Indonesia, maka dari itu E-Commerce mulai diterapkan pada tahun 2016, Website menjadi salah satu alat bantu dalam penjualan buku yang dicetak oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat usability pada website penjualan PT Yudhistira. Pengukuran ini menggunakan konsep evaluasi heuristic dengan variabel – variabel sebagai berikut; visibilitas dari status sistem, kesesuaian antara sistem dan dunia nyata, kendali dan kebebasan pengguna, standar dan konsistensi, pencegahan kesalahan, adanya pengenalan, fleksibilitas dan efesiensi, estetka dan desain yang minimalis, bantuan pengguna untuk mengenali, mendiagnoda dan mengatasi masalah serta fitur bantuan dan dokumentasi. Pengukuran dimulai dari melakukan pengamatan terhadap website, wawancara pengembang website, kemudian melakukan usability testing serta mengisi kuesioner yang dilakukan oleh 5 evaluator. Uji Validitas dan uji realibilitas instrumen penelitian diperoleh nilai Cronbach Alpha sebesar 0,976, artinya instrument yang dipakai selama penelitian ini adalah dapat diandalkan. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu tingkat usability website yang didapatkan dari rata-rata jumlah skor dari setiap kuesioner. Website dikatakan cukup baik karena dinilai dapat cukup membantu evaluator dalam melakukan aktivitasnya walaupun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti perubahan desain untuk fitur pencarian buku dan fitur penambahan buku kedalam keranjang. Usulan perbaikan tersebut bisa dijadikan sebagai evaluasi apabila akan dilakukan pengembangan dan perbaikan website. Kata Kunci: PT Yudhistira Ghalia Indonesia, Usability, Website E-Commerce, Heuristic Evaluation, Evaluator.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:15
Last Modified: 11 Feb 2019 02:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40431

Actions (login required)

View Item View Item