KORELASI CAMPURAN STARTER LACTOBACILLUS PLANTARUM DENGAN STREPTOCOCCUS THERMOPHILLUS TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SINBIOTIK UBI JALAR (Ipomoea batatas L.) KUNING .

Tria Okta Wulandari, 143020221 and Wisnu Cahyadi, DS and Hervelly, DS (2019) KORELASI CAMPURAN STARTER LACTOBACILLUS PLANTARUM DENGAN STREPTOCOCCUS THERMOPHILLUS TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SINBIOTIK UBI JALAR (Ipomoea batatas L.) KUNING . Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
TRIA OKTA WULANDARI-143020221-T. PANGAN.pdf

Download (486kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sinbiotik merupakan produk makanan/minuman yang di dalamnya terdapat kombinasi antara probiotik dan prebiotik yang memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi campuran starter Lactobacillus plantarum dan Streptococcus thermophillus terhadap karakteristik minuman sinbiotik ubi jalar kuning. Metode penelitian dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan yaitu inokulasi bakteri, pembuatan starter, pembuatan sari ubi jalar kuning, dan penentuan jumlah sel menggunakan metode TPC (total plate count), penelitian utama yaitu melihat korelasi antara campuran starter yang digunakan terhadap respon yang dilakukan yaitu respon organoleptik, respon kimia, dan respon mikrobiologi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil uji organoleptik pada atribut rasa, aroma dan tekstur memiliki korelasi terhadap campuran starter, pada analisis mikrobiologi hitung jumlah sel menggunakan metode TPC pada bakteri Lactobacillus plantarum yaitu 2.39 x 107 pada bakteri Streptococcus thermophillus yaitu 2.53 x 107, pada respon kimia di dapatkan hasil % serat r : - 0.9751 dimana ada nya korelasi langsung terhadap campuran starter, pada pH didapatkan hasil r : - 0.9651 dimana adanya korelasi langsung antara campuran starter, pada viskositas didapatkan hasil r : 0.9702, pada kadar asam laktat di dapatkan hasil r : 0.9927 dimana adannya korelasi langsung antara campuran starter, dan pada aktivitas antioksidan didapatkan hasil r : - 0.9990 dimana adannya korelasi langsung antara campuran starter. Kata kunci : fermentasi, konsentrasi starter, minuman sinbiotik, ubi jalar kuning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:27
Last Modified: 07 Feb 2019 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40386

Actions (login required)

View Item View Item