PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG LABU KUNING (Curcubita moschata), TEPUNG TALAS (Colocosia esculenta L. Schoott) DAN TEPUNG TERIGU TERHADAP KARAKTERISTIK MAKARONI

Ilya Ulfa Wahyudin, 143020163 and Dede Zainal Arief, DS and Nana Sutisna Achyadi, Dosen (2019) PENGARUH PERBANDINGAN TEPUNG LABU KUNING (Curcubita moschata), TEPUNG TALAS (Colocosia esculenta L. Schoott) DAN TEPUNG TERIGU TERHADAP KARAKTERISTIK MAKARONI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
ILYA ULFA WAHYUDIN_143020163_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (471kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh formulasi makaroni dari campuran tepung labu kuning, tepung talas dan tepung terigu yang terbaik dengan karakteristik yang dapat diterima panelis. Rancangan Percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan satu faktor dan lima kali ulangan. Faktor dari penelitian ini adalah perbandingan tepung labu kuning, tepung talas dan tepung terigu (f) dengan 5 taraf perlakuan yaitu f1 (3:1:1), f2 (2:1:1), f3 (1:1:1), f4 (1:2:1) dan f5(1:3:1). Respon organoleptik untuk makaroni makaroni matang yaitu warna, aroma, rasa dan kekenyalan. Respon kimia yang dilakukan adalah kadar air, protein, serat kasar dan karbohidrat. Respon fisik yang dilakukan adalah daya rehidras, daya pengembangan dan tektur kekerasan. Sampel terpilih dilakukan uji organoleptik yaitu uji pembeda duo-trio. Perbandingan tepung labu kuning, tepung talas dan tepung terigu berpengaruh terhadap mutu makaroni meliputi respon kimia yaitu kadar air, kadar protein, kadar serat kasar dan kadar karbohidrat, respon organoleptik yaitu atribut warna, aroma, rasa, dan tekstur, serta respon fisik daya rehidrasi dan daya pengembangan. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan tingkat kekenyalan yang paling tinggi dengan tingkat kematangan yang cukup dan kenaikan bobot dua kali lipat pada waktu perebusan optimal selama 10 menit terpilih untuk penelitian utama. Berdasarkan hasil uji organoleptik didapatkan perlakuan terpilih yaitu koda f5 dengan perbandingan tepung labu kuning, tepung talas dan tepung terigu 1 : 3 : 1 memiliki karakteristik hampir sama (tidak berbeda nyata pada taraf 5%) dengan sampel pembanding atau makaroni yang dijual di pasaran. Kata Kunci : Tepung Labu Kuning, Tepung Talas, Tepung Terigu, Makaroni.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:00
Last Modified: 07 Feb 2019 02:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40376

Actions (login required)

View Item View Item