AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERINTEGRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK (Studi pada Fakultas IlmuSosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran)

Harry Purnama, NPM. 138020051 (2018) AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERINTEGRASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK (Studi pada Fakultas IlmuSosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Harry Purnama_MM.docx

Download (32kB)

Abstract

Didalam melaksanakan pelayanan akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran telah menggunakan Sistem Informasi Akademik Terintegrasi (SIAT) yang telah dibuat oleh Universitas Padjadjaran melalui Direktorat Perencanaan Sistem Informasi (DPSI) pada tahun 2009 dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran menjadi fakultas yang pertama kali mencoba Sistem Informasi Akademik Terintegrasi (SIAT) tersebut sebelum di distribusikan ke semua fakultas Universitas Padjadjaran. Didalam perkembangan sampai saat ini dalam penggunaan Sistem Informasi Akademik Terintegrasi (SIAT) belum sepenuhnya efektif dan efisien hal ini akan berdampak kepada menurunnya kualitas pelayanan mahasiswa yang mengakibatkan berkurangnya kepuasan mahasiswa dalam hal pelayanan akademik. Pada penelitian ini penulis menggunakan COBIT khususnya COBIT 4.1 untuk pelayanan dan evaluasi sistem informasi sebagai kerangka dan standar untuk melakukan audit terhadap SIAT di UNPAD. COBIT 4.1 dipilih karena COBIT dapat menjangkau semua pemangku kepentingan dan dapat dengan mudah diintegrasikan dengan proses bisnis. Konsep atau teori yang dipakai dalam penelitian ini, diantaranya: Manajemen, Sistem Informasi, Tata Kelola TI, Kualitas Pelayanan serta COBIT.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena untuk memperoleh analisa terhadap rekomendasi dari hasil Audit Sistem Informasi Akademik Terintegrasi (SIAT) di Fakultas FISIP UNPAD. Hasil penelitian menunjukkan UNPAD memiliki pengelolaan TI dalam mendukung layanan akademik dan dirasakan perlu dilakukan perbaikan terhadap beberapa control process yang dirasakan sangat penting. Penentuan control process melatih dan mendidik users, mengelola data dari domain delivery and support, me-monitor dan evaluasi kinerja TI dari domain monitor and evaluate merupakan control process yang penting untuk diperbaiki berdasarkan tingkat kepentingan menggunakan metode pengambil keputusan untuk menentukan prioritas. Rekomendasi pengelolaan TI yang dibuat selaras dengan visi, misi dan tujuan Institusi untuk masing-masing control process, maka pelatihan yang diberikan bagi karyawan baik yang non IT maupun karyawan IT dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan di unit kerjanya dan pengaturan kembali manajemen data yang berhubungan dengan proses layanan akademik dimana antara Unit Sistem Informasi di jurusan yang ada di UNPAD maupun unit kerja lain terintegrasi dalam satu jaringan, dimana pengawasan data terpusat di data center yaitu server di DPSI. Kata Kunci: Audit Sistem Informasi, SIAT, DPSI, FISIP UNPAD.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 Jan 2019 09:16
Last Modified: 11 Jan 2019 09:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40288

Actions (login required)

View Item View Item