PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI PADA MATERI SEL

NUR MUTIA SUNDAWATI .K, 135040062 (2018) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS XI PADA MATERI SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RINGKESAN SUNDA.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB III.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan hasil belajar siswa dalam menggunakan media pembelajaran media sosial pada konsep sel. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar dan motivasi siswa XI pada konsep sel, dimana sangat jarang guru tersebut menggunakan media sosial instagram. Akibatnya siswa kurang pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Blender Learning, dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA IT FITHRAH INSANI Bandung. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 41,93 dan posttest sebesar 65, 71. setelah dilakukan penelitian prestest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji Z dan diperoleh dengan hasil uji Z signifikan, karena Zhit > Ztab Sebesar 17,51 > 1,65 dengan taraf signifikasi α=0,01. hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hipotesis Ho di tolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa sebeleum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran sosial media. Untuk penilaian ranah afektif dan psikomotor diperoleh data rata-rata siswa memenuhi kriteria baik. Sedangkan untuk tanggapan siswa terhadap pembelajaran, mendapatkan tanggapan positif dan memenuhi kriteria baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran sosial media dalam pembelajaran biologi pada konsep sel dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, Motivasi, Media Sosial Instagram, Konsep Sel.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 01 Nov 2018 09:06
Last Modified: 01 Nov 2018 09:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40202

Actions (login required)

View Item View Item