PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KETANGGUHAN BELAJAR SERTA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

AHMAD DIMYATI, NPM : 168060021 (2018) PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN KETANGGUHAN BELAJAR SERTA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel ahmad dimyati_168060021).docx

Download (84kB)

Abstract

Kemandirianbelajardanketangguhanmatematikamerupakanaspekpsikissiswa yang akanbersinergidengankemampuanpemecahanmasalahmatematika, yang mana kemampuanpemecahanmasalahmatematikamerupakanjantungdaripembelajaranmatematika yang jugamerupakanbagiandaritujuanpembelajaranmatematikayaitu modal untukmenghadapitantangankehidupan. Seseorang yang mempunyaikemampuanpemecahanmatematika yang baikakanmempunyaikemandirianbelajardanketangguhanmatematika yang baikjuga, apapunmasalah yang siswahadapidiaakanberusahadengankemampuandirinyasendiriuntukmenyelesaikanmasalahtersebut. Penelitianinibertujuanuntuk (1) menganalisisbagaimanakemandirianbelajarsiswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation maupun yang menggunakanpembelajarankonvensional, (2) menganalisisbagaimanaketangguhanmatematikasiswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation maupun yang menggunakanpembelajarankonvensional, (3) menganalisisbagaimanakemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswadalampembelajaranmatematika yang mendapatkan model pembelajaran Group Investigation maupun yang menggunakanpembelajarankonvensional, (4) mengkajikorelasiantarakemandirianbelajar, ketangguhanmatematika, danpemecahanmasalahmatematikasiswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation maupun yang menggunakanpembelajarankonvensional. Metodedalampenelitianiniadalah Convergent Design. Penelitiandilaksanakan di MTs Al IhsanBaleendah Bandung padatahunpelajaran 2018/2019 semester ganjil. Penelitianinidilakukanpadatigakelaskelasekspeimen 1 dengananggotanyasiswalaki-lakiseluruhnya, kelaseksperimen 2 dengananggotanyasiswaperempuanseluruhnyadankelaskontroldengananggotasiswa yang campuranPenelitianmenunjukankemandirianbelajarsiswa yang memperoleh model pembelajaran Group Investigation tidaklebihbaikdibandingkandengansiswa yang memperoleh model pembelajarankonvensional, Ketangguhanmatematikasiswa yang memperoleh model pembelajaran Group Investigation tidaklebihbaikdibandingkandengansiswa yang memperoleh model pembelajarankonvensional, kemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswa yang memperoleh model pembelajaran Group Investigation padasiswaperempuanlebihbaikdibandingkandengansiswa yang memperoleh model pembelajaran Group Investigation padasiswalaki-lakidansiswa yang memperoleh model pembelajarankonvensional, danterdapatkolerasipositifantarakemandirianbelajar, ketangguhanmatematika, dankemampuanpemecahanmasalahmatematikapadasiswa yang memperoleh model pembelajaran Group Investigation yang beranggotakanperempuanseluruhnyadansiswa yang memperoleh model pembelajarankonvensionaldenganinterpretasikeofisienkorelasisangatkuat. Sedangkantidakterdapatkolerasipositifantarakemandirianbelajar, ketangguhanmatematika, dankemampuanpemecahanmasalahmatematikapadasiswa yang memperoleh model pembelajaran Group Investigation yang beranggotakanlaki-lakiseluruhnya Kata Kunci: Group Investigation, KemandirianBelajar, KetangguhanMatematika, KemampuanPemecahanMasalahMatematika

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 31 Oct 2018 03:45
Last Modified: 31 Oct 2018 03:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40154

Actions (login required)

View Item View Item