ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN TOTAL UMKM DI SENTRA INDUSTRI KERIPIK SINGKONG DI KELURAHAN SETIAMANAH KECAMATAN CIMAHI TENGAH KOTA CIMAHI”.

RISKA YULIANI, 144030001 and Pembimbing 1, H. Subarna Tirtakusumah, SE., MM (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN TOTAL UMKM DI SENTRA INDUSTRI KERIPIK SINGKONG DI KELURAHAN SETIAMANAH KECAMATAN CIMAHI TENGAH KOTA CIMAHI”. Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK UMKM saat ini sangat berkembang pesat, di Kota Cimahi terdapat beberapa UMKM yang berkembang pesat bahkan di beberapa daerah di Kota Cimahi yang menjadi Sentra Industri. Seperti di Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah yang telah di resmikan menjadi Sentra Industri Keripik Singkong pada tahun 2011. Usaha keripik kini menjadi salah satu usaha yang menjanjikan dengan tingkat keuntungan yang tinggi, rasanya yang enak dan gurih dengan harga yang terjangkau menjadikan keripik sebagai cemilan yang diminati oleh semua kalangan. Konsumen dari usaha keripik ini mayoritasnya adalah warga Cimahi dan Bandung yang datang langsung ke Sentra Industri Keripik di Kelurahan Setiamanah, Cimahi Tengah, sebagian warga ada yang menjadi reseller untuk kemudian dipasarkan di warung-warung kelontong namun ada juga yang hanya membeli untuk dikonsumsi sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel harga, modal tetap (mesin), jumlah tenaga kerja, jumlah bahan baku, dan inivasi terhadap penerimaan total UMKM di Sentra Industri Keripik di Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah, serta mengetahui elastisitas setiap variabel bebas terhadap variabel terikat dan mengetahui skala ekonominya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh pembuktian dari hipotesis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuisioner serta pengamatan langsung. Sampel yang digunakan sebanyak 26 orang dengan sampling jenuh atau sensus. Dalam menganalisis digunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan dengan uji terhadap koefisien regresi secara parsial (uji t) dengan α = 5 % menunjukkan ke empat variabel (modal, jumlah tenaga kerja, bahan baku, dan inovasi) berpengaruh positif signifikan terhadap penerimaan total UMKM. Sedangkan variabel harga berpengaruh positif tapi tidak signifikan. Hasil uji f dengan α = 5 % menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel harga, modal tetap, jumlah tenaga kerja, bahan baku, dan inovasi berpengaruh terhadap penerimaan total UMKM di Sentra Industri Keripik. Kata Kunci : UMKM, Pendapatan, Harga, Modal, Tenaga Kerja, Bahan Baku, Inovasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Studi Pembangunan 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 29 Oct 2018 08:18
Last Modified: 29 Oct 2018 08:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40069

Actions (login required)

View Item View Item