ANALISIS DAN USULAN PERBAIKAN STASIUN KERJA MENGGUNAKAN METODE RULA, REBA, DAN NORDIC BODY MAP (STUDI KASUS : DEPARTEMEN INJECTION PT. EWINDO)

YUSUF KURNIAWAN, 123010077 (2018) ANALISIS DAN USULAN PERBAIKAN STASIUN KERJA MENGGUNAKAN METODE RULA, REBA, DAN NORDIC BODY MAP (STUDI KASUS : DEPARTEMEN INJECTION PT. EWINDO). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel Tugas Akhir Yusuf Kurniawan (123010077).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. EWINDO (Electric Wire Indonesia) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi berbagai jenis kabel seperti memproduksi Enameled Wire, Electric, Automotive Cable, dan Power Supply Cord. Dalam produksi Power Supply Cord di Department Injection terdapat beberapa tahapan, yaitu dimulai dari proses pemotongan, crimping, stripping, inject plug, lilit & revisi, QC finish PRD, sampai paking. Dari hasil observasi, dan pembagian kuesioner dengan pekerja di PT. EWINDO (Electric Wire Indonesia), pada departmen injection terdapat beberapa keluhan dari pekerja, yang merasa kurang nyaman saat melakukan pekerjaan. Keluhan para pekerja dikarenakan pekerjaan harus dilakukan dengan teliti namun kondisi fasilitas kerja yang kurang memperhatikan sisi ergonomis, Fasilitas kerja yang diterapkan pada saat ini dapat mengakibatkan Musculoskeletal Disorders (MSDs) dalam jangka waktu yang lama kepada pekerja PT. EWINDO (Electric Wire Indonesia). Metode yang digunakan pada analisa penelitian ini adalah dengan menggunakan metoda RULA (Rapid Upper Limb Assessment), REBA (Rapid Entire Body Assessment), dan Nordic Body Map. Dari ketiga metode ini merupakan metode yang efektif untuk mengevaluasi tingkat resiko yang dapat ditimbulkan akibat aktivitas bekerja serta ketiga metoda tersebut diolah menggunakan software ergo fellow. Metode RULA dan REBA digunakan pada bagian observasi sehingga didapatkan hasil level resiko menengah hingga level resiko tinggi, sedangkan Nordic Body Map digunakan pada bagian kuesioner dan didapati keluhan otot para pekerja di bagian pinggang dan punggung. Analisa yang didapati dari hasil ketiga metode bahwa meja kerja kondisi eksisting dapat diperbaiki dengan dua tahapan, pertama pencegahan yaitu corrective dan preventive action seperti menambahkan kursi dan pijakan kaki untuk beristirahat, kedua yaitu dengan mendesain ulang stasiun kerja departemen injection dengan memperhatikan sisi ergonomis dan data yang telah diolah peneliti menggunakan ketiga metode yaitu RULA, REBA, dan Nordic Body Map. Maka kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil pengolahan menggunakan ketiga metode RULA, REBA, dan Nordic Body Map bahwa perusahaan harus memperhatikan kesehatan para pekerjanya dari sisi stasiun kerja untuk tercapainya produktivitas yang diinginkan perusahaan dalam memproduksi power supply cord. . Kata Kunci : Rapid Upper Limb Asse

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 29 Oct 2018 01:38
Last Modified: 29 Oct 2018 01:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39997

Actions (login required)

View Item View Item